Peningkatan Literasi Sains dengan Pembelajaran STEM Di Era Revolusi Industri 4.0

Anik Pujiati

Sari


Peningkatan literasi sains di era revolusi industri 4.0 merupakan suatu keharusan. Literasi sains merupakan keterampilan yang sangat diperlukan di abad 21, sehingga penting untuk ditingkatkan. Strategi yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan generasi yang bisa berdaya saing khususnya bidang sains salah satunya yaitu dengan pembelajaran yang inovatif seperti pembelajaran dengan pendekatan STEM. Pembelajaran dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engginering, and Mathematics) merupakan pendekatan yang mengintegrasikan sains, teknologi, teknik, dan matematika dalam pembelajaran. Artikel ini merupakan kajian literatur yang akan membahas mengenai keterkaitan antara literasi sains dengan kompetensi yang sangat diperlukan di era revolusi industri 4.0 dan peningkatan literasi sains dengan pembelajaran pendekatan STEM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asmuniv. 2015. Pendekatan Terpadu Pendidikan STEM Upaya Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Memiliki Pengetahuan Interdisipliner Dalam Menyosong Kebutuhan Bidang Karir Pekerjaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Diakses dari http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/listrikelect%20ro/%2015 07-asv9. Diakses 6 Juli 2019.

Becker, K., & Park, K. 2011. Effects of integrative approaches among science, technology, engineering, and mathematics (STEM) subjects on students' learning: A preliminary meta- analysis. Journal of STEM Education: Innovations and Research, 12(5/6), 23.

Beers, S. 2011. 21st Century Skills : Preparing Students For Their Future. Diambil dari http://cosee.umaine.edu/files/coseeos/21st_century_skills.pdf. Diakses 5 Juli 2019.

Bybee, R. W. 2013. The case for STEM education: challenges and opportunities. Arlington- Virginia: National Science Teachers Association Press.

Darmawan, J. 2018. Menjadi Guru Era Pendidikan 4.0. Diambil dari https://aceh.tribunnews.com/2018/11/27/menjadi-guru-era-pendidikan-40?page=2. Diakses 5 Juli 2019.

Fitriani, N.H. dkk. 2016. Literasi Sains Siswa SMP Kota Bandung pada Tema Pencemaran Lingkungan. Prosiding Seminar Nasioanal Pendidikan IPA Pascasarjana UM (ISBN : 978- 602-9285-212), Vol. 1 2016.

Fives, H., Huebner, W., Birnbaum, A. S., & Nicoloch, M. 2014. Developing a measure of scientific literacy for middle school students, Science Education., 98, 549-580.

Ismail., Permanasari A., & Setiawan, W. (2016). Stem Virtual Lab : An Alternative Practical Media To Enhance Student’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, JPII 5 (2) (2016) 239-246. DOI: 10.15294/jpii.v5i2.5492. http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii

Mayasari, T., Kadarohman, A., & Rusdiana, D. 2014. Pengaruh Pembelajaran Terintegrasi Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) Pada Hasil Belajar Peserta Didik: Studi Meta Analisis. Prosiding Semnas Pensa VI ”Peran Literasi Sains”. 371-377.

Priatmoko, S., 2018. Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0 TA’LIM Jurnal Studi. Pendidik Islam. Vo1 No. 2 Hal. 1–19. Priatmoko, S., 2018. Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0 TA’LIM Jurnal Studi. Pendidik Islam. Vo1 No. 2 Hal. 1–19.

Rahayu, Sri. (2017, Oktober). Mengoptimalkan Aspek Literasi Dalam Pembelajaran Kimia Abad

Sinergi Penelitian dan Pembelajaran untuk Mendukung Pengembangan Literasi Kimia pada Era Global Ruang Seminar FMIPA UNY

Rahayuni, Galuh. 2016. Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model PBM dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA (e-ISSN 2477-2038) Vol. 2, No. 2, Hal. 131-146.

Ristekdikti, 2018. Kreatif dan Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0. Majalah Ristekdikti. Vol 8. No.

Hal 11-14.

Sanders, Mark. 2009. STEM, STEM Education, STEMmania. The Technology Teacher. 2, 20-26. Sanders, M., Hyuksoo. K., Kyungsuk, P. & Hyonyong, L. 2011. Integrative STEM (Science,

Technology, Engineering, and Mathematics) Education: Contemporary Trends and Issues. Secondary Education 59, 729-762.

Siswanto, J., 2018. Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol. 9 No. 2 , Hal 133-137. DOI: 10.26877/jp2f.v9i2.3183

UNEP, 2012. 21 Issues for the 21st Century. Diambil dari http://wedocs.unep.org/bitstream/handle/20.500.11822/8056/-

%20Issues%20for%20%20the%2021st%20Century_%20Results%20of%20the%20%20U NEP%20Foresight%20Process%20on%20%20Emerging%20Environmental%20Issues- 20121098.pdf?sequence=3&isAllowed=y. Diakses 4 Juli 2019.

Unesco. 2009. Framework for 21st Century Learning. Diambil dari https://www.teacherrambo.com/file.php/1/21st_century_skills.pdf. Diakses 4 Juli 2019.

Wibowo, Teguh (2019). Pembelajaran Matematika Dan Risetnya Di Era Revolusi Industri 4.0.

Prosiding Sendika: Vol 5, No 1, Purworejo, 677-686 .


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.