Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bernard, M. (2015). Meningkatkan kemampuan komunasi dan penalaran serta disposisi matematik siswa SMK dengan pendekatan kontekstual melalui game adobe flash cs 4.0. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 4(2): 197- 222.
Choridah, D. T. (2013). Peran pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif serta disposisi matematis siswa SMA. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2): 194-202.
Hakim, A. R. (2015). Analisis prestasi belajar matematika ditinjau dari kecerdasan spiritual dan sikap peserta didik pada pelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 1(1): 47-54.
Hakim, A. R. (2016). Prestasi belajar matematika ditinjau dari sikap dan komitmen diri peserta didik pada pelajaran matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1): 47-54. Hendriana, H.,
Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Ferika Aditama.
Katz, L. (1993). Dispositions as Educational Goals. Urbana, IL: ERIC Clearinghouse on Elementary and Early Childhood Education. Online: http://www.edpsycinteractive.org/files/edoutcomes.html
Kilpatrick, J., Jane Swafford, J., Findell, B. (2011). National Research Council. Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Mathematics Learning Study Committee, Center for Education, Division of Behavioral and Social Sciences and Education. Washington, DC: National Academy Press.
Maharani, A., dkk. (2018). Menumbuhkan kemampuan disposisi matematis melalui model PBL dengan Metode Team Teaching. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2): 197- 205.
Mandur, K., Sadra, I. W., & Suparta, I. N. (2013). Kontribusi kemampuan koneksi, kemampuan representasi, dan disposisi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA swasta di Kabupaten Manggarai. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 2(1): 1-10.
NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston. Virginia: NCTM.
Qodariyah, L. & Hendriana, H. (2015). Mengembangkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematik siswa SMP melalui discovery learning. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(3): 241-252.
Ruhiyat, A. & Sugandi, A. I. (2016). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif serta disposisi matematik siswa SMP melalui pendekatan kontekstual. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 3(3): 281-289.
Salmaniah, F., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2016). Disposisi matematis siswa ditinjau dari kemampuan problem solving. JIPP (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran), 5(6): 1-12.
Sugilar, H. (2013). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematik siswa Madrasah Tsanawiyah melalui pembelajaran generatif. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2): 156-168.
Suharsono. (2015). Meningkatkan kemampuan pemahaman dan disposisi matematik siswa SMA menggunakan teknik probing prompting. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(3): 278-289.
Sumarmo, U. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Bandung: FPMIPA UPI. Artikel Online dari link: https://www.academia.edu/10346582/BERFIKIR_DAN_DISPOSISI_MATEMATIK_APA_ MENGAPA_DAN_BAGAIMANA_DIKEMBANGKAN_PADA_PESERTA_DIDIK.
Sunendar, A. (2016). Mengembangkan disposisi matematik melalui model pembelajaran kontekstual. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(1): 1-9.
Syaban, M. (2009). Menumbuhkembangkan daya dan disposisi matematis siswa Sekolah Menengah Atas melalui pembelajaran investigasi. EDUCATIONIST, III(2): 129-136.
Wardani, S. (2008). Pembelajaran Inkuiri Model Silver untuk Mengembangkan Kreativitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas. Bandung: Disertasi UPI Bandung.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.