Kajian Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika di SMKN 2 Palembang

Rinni Artiyani

Sari


Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran berbasis jaringan dimasa pandemi COVID 19 adalah tujuan dari penelitian ini dilakukan. Penelitian ini mencoba melihat seberapa efektifnya pelaksanaan pembelajaran matematika dengan melakukan penyebaran angket secara online. Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran on-line peneliti menyebar angket dengan menggunakan aplikasi google form. Angket disebar di empat kelas sesuai kelas yang diampu oleh peneliti dengan jumlah siswa 119 orang laki-laki dan 1 orang siswa perempuan, angket disebar pada tanggal 11 Juni 2020 melalui google form. Terdapat 65 pesert didik yang merespon artinya sebanyak 54,16 % peserta didik telah mengisi angket tersebut dengan tingkat reliabilitas instrument 0,90. Dari hasil analisis angket diperoleh 60% peserta didik menyetujui pelaksanaan pembelajaran on-line tetapi untuk pelaksanaan pembelajaran matematika peserta didik tidak menyenangi pembelajaran matematika secara on-line. Untuk memaksimalkan penggunaan teknologi maka peneliti menggunakan google classroom sebagai sarana pembelajaran matematika. Dari tugas yang diberkan  peserta didik 100% mengumpulkan tugas dengan tepat waktu, dengan nilai rata-rata diatas KKM Sekolah 75 sejumlah 90% dari total 120. Ini menunjukkan adanya ketertarikan peserta didik untuk belajar secara daring.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Purwanto*, R. P. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online diSekolah Dasar. Edupsycouns journal Volume 2 Nomor 1 (2020) ISSN Online: 2716-4446, 6.

Ammi, Z. (2017). Implementasi Google Classroom Pada siswa Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Skrpsi UNS, 27.

Asnawi, N. (2018). Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-Learning menggunakan USE Questionnaire. Research : Journal of Computer, information system, &technologymanagement Online ISSN:2615-7357Vol. 1, No. 2. April 2018,Pages17-21 , 17.

Dr. Cepi Riyana, M. (n.d.). Konsep Pembelajaran Online. Modul Pembelajaran On-Line, 1.17.

Eka Indaryani, d. D. (2018). Dampak pemanfaatan WhatsApp dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa. seminar.uad.ac.id/index.php/quantum, 26.

Gerry Krista Permana, D. ,. (2013). PERSEPSI SISWA DAN GURU TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DI SMK NEGERI 4 JAKARTA. Jurnal PenSil Jurusan Teknik Sipil FT UNJ Volume II No. 2 – Agustus 2013, 112.

Gunawan, F. I. (n.d.). PENGEMBANGAN KELAS VIRTUAL DENGAN GOOGLE CLASSROOM DALAM KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) TOPIK VEKTOR PADA SISWA SMK UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia ISBN: 978-602-6258-07-6, 348.

Kurniawan, H. (n.d.). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN INVESTIGASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM. Surya Edukasi, 6.

Sobron A.N1, B. R. (2019). PERSEPSI SISWA DALAM STUDI PENGARUH DARING LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme Vol. 1, No. 2, Desember 2019, 31.

Yoyon Efendi1a, N. U. (2019). Pengukuran Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Media E-Learning Google Classroom (SMK Sulthan Muazzamsyah Pekanbaru). http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/CTIA/article/view/1822/1095, 1.

Yudie Irawan, N. S. (2015). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE PADA SMK MAMBAUL FALAH. Jurnal SIMETRIS, Vol 6 No 2 November 2015, 351.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.