Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Teorema Pythagoras di SMP Islam At-Taufieq Jakarta

Gustinawati Gustinawati, Lin Mas Eva, Fatwa Patimah Nursa'adah

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis  siswa akhir pokok bahasan teorema Pythagoras kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi teorema Pythagoras. Adapun jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 orang siswa SMP ISLAM AT-TAUFIEQ JAKARTA Kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) tes kemampuan pemahaman konsep matematis; (2) observasi; (3) wawancara; (4) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa secara keseluruhan sebesar 64,14%. Dari tujuh indikator terdapat dua indikator siswa mengalami kesulitan, yaitu indikator mengklasifikasikan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep teorema Pythagoras dan indikator mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep teorema Pythagoras. Dari hasil penelitian itu dapat memberikan informasi kepada guru tentang kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sehingga guru diharapkan dapat merancang kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada indikator mengklasifikasikan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep teorema Pythagoras dan indikator mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep teorema Pythagoras.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fadhila, E.F.D., & Dewi M. (2014). Penerapan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 26-30

Herawati, O.D.P., dkk. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 71-80.

Sudijono,A. (2011). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analusis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA Sage Publications. Terjemahan Rohindi Rohidi: UI-Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

--------. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

---------. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.