Pengaruh Kebiasaan Berpikir terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Imelda Dhue Ego, Fauzi Mulyatna

Sari


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan berpikir terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik mengambil sampel acak (random sampling) dari siswa kelas XI sebanyak 68 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes dan non tes yang divalidasi secara empiris. Analisa data dilakukan secara deskriptif dan inferensial yang terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis berupa uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi, uji signifikansi, dan analisis regresi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan sebesar 30,56% pada kebiasaan berpikir terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariesta, F.W. (2007, November 2003). PGSD BINUS. Mengintegrasikan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) pada Pembelajaran Sains di SD. Diakses dari: https://pgsd.binus.ac.id/2018/11/23/mengintegrasikan-higher-order-of-thinking-skill-hots-pada-pembelajaran-sains-di-sd/

Asih, G.Y.,& Pratiwi, M.M.S. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi: Pitutur, 1(1), 33-42. Diakses dari: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/PSI/article/view/23

Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mahmudi, A. dan Sumarmo, U. (2011). Pengaruh Strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) Berbasis Masalah terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 02, 216-229. Diakses dari: https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.4229

Nurmala, Nuni, dkk. (2019). Pengaruh Habits Of Mind (Kebiasaan Berpikir) terhadap Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Journal on Education. Vol. 01 (02), 163-168. Diakses dari: http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/41

Poespoprodjo, W. dan Gilarso, E.T. (2011). Logika Ilmu Menalar. Bandung: Pustaka Grafika.

Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILEs Publishing.

Sembiring, R.K. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik Apa Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan Tantangannya. 1(1), 11-16. Diakses dari: https://www.academia.edu/10346582/BERFIKIR_DAN_DISPOSISI_MATEMATIK_APA_MENGAPA_DAN_BAGAIMANA_DIKEMBANGKAN_PADA_PESERTA_DIDIK

Sumarmo, U. (2010).Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Artikel pada FPMIPA UPI Bandung. Diakses dari: https://scholar.google.co.id/citations?user=3NdVEzoAAAAJ&hl=en


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.