Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada SMK Swasta di Kabupaten Tangerang

Ferawati Ferawati

Sari


Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning yaitu RPP, Buku Siswa, Couple Card dan Alat Evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D (define, design, develop dan disseminate). Penelitian ini dilakukan di kelas XII SMK. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh 1) mengembangkan perangkat pembelajaran yang berupa RPP, Buku Siswa, Couple Card dan alat evaluasi, 2) kevalidan perangkat pembelajaran secara keseluruhan dalam kategori rata-rata baik, 3) kepraktisan perangkat pembelajaran secara keseluruhan dikategorikan baik, 4) kefektifan perangkat pembelajaran berdasarkan aktivitas pembelajaran dikategorikan sangat baik, dan 5)  respon siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning selama kegiatan sangat positif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Johnson, E. B. (2012). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. (Alih bahasa: Ibnu Setiawan). Bandung: Mizan Media Utama.

Mursiyah, Tatik. (2012). Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Keterampilan Menulis Cerpen Bagi Siswa Kelas IX SMP CSMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/3493/5_Penerapan_Pendekatan_Kontekstual.pdf?sequence=1. Di unduh pada 4 Mei 2019.

Setyosari, Punaji. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Lufri. (2007). Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: Jurusan Biologi FMIPA UNP.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.