Analisis Mengenai Dampak Penghapusan Ujian Nasional Terhadap Kelulusan Peserta Didik Jenjang Smp Di Era Pandemik Covid-19

Pretty Novia Sinambela, Sigit Noor Suhada, Ganjar Susilo Susilo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penghapusan ujian nasional terhadap kelulusan siswa jenjang SMP pada masa era pandemik covid-19 di Balikpapan. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Analisis data diambil dengan cara mereduksi data, merangkumn semua hasil data, dan disajikan dalam bentuk narasi kemudian diambil kesimpulan.  Jumlah subjek diteliti sebanyak 4 siswa SMP di kota Balikpapan, serta teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah berupa penyajian data dalam uraian yang singkat. Hasil analisis data menunjukkan dalam penyelenggaraan ujian nasional terdapat dampak positif yaitu peserta didik terpacu untuk giat belajar dan dampak negatif yaitu peserta didik mengalami tekanan psikis dan mental karena harus menguasai materi pembelajaran yang akan diujikan. Kelulusan siswa dilihat dari nilai ujian nasional untuk mendaftar ke sekolah yang dituju. Hal ini terjadi sehingga muncul suatu kebijakan yaitu penghapusan ujian nasional.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidah, Hidaayatullah, Simamora, Fehabutar, M. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “ Merdeka Belajar .” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49.

Alawiyah, F. (2015). Perubahan Kebijakan Ujian Nasional (Studi Pelaksanaan Ujian Nasional). Jurnal Aspirasi, 6(2), 189–202. https://doi.org/https://doi.org/10.22212/aspirasi.v6i2.513

Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah Sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal SAP, 2(1), 12–21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156

Darmawan, A. (2016). Epidemiologi Penyakit Menular Dan Penyakit Tidak Menular. Jambi Medical Journal, 4(2), 195–202. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jmj.v4i2.3593

Djafri, D. (2015). Pemodelan Epidemiologi Penyakit Menular. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 10(1), 1–2. https://doi.org/https://doi.org/10.24893/jkma.v10i1.172

Fadholi, T., Waluya, B., & Mulyono. (2015). Analisis Pembelajaran Matematika dan Kemampuan Literasi serta Karakter Siswa SMK. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1), 42–48.

Hadi, S. (2014). Ujian Nasional dalam Tinjauan kritis Filsafat Pendidikan Pragmatisme. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Iblidaiyah, IV(2), 283–294. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v4i2.139

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32.

Mahmuda, M. (2017). Analisis Problematika Moratorium Ujian Nasional Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional & Temu Jaringan Peneliti, 1(2), 202–214.

Manongga, D., Iriani, A., & Wijono, S. (2018). Public Opinion on National Exam Policies in Indonesia. Journal of Information Technology and Business, 1(1), 24–35.

Mardeli, M. (2016). Teori Kompensasi Emosi. Tadrib, 2(1), 1–31.

Nurlailiyah, A. (2019). Analisis Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Perilaku Siswa Smp Di Yogyakarta. Realita, 17(1), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/realita.v17i1.1381

Rahmat, P. S. (2009). Jurnal Penelitian Kualitatif. EQUILIBRIUM, 5(1), 1–8.

Saefudin, A. A., & Ngaeni, E. N. (2017). Menciptakan Pembelajaran Matematika Yang Efektif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model Pembelajaran Problem Posing. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(2), 264–274. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.896

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67.

Solehah, L. F. N. (2012). Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Perspektif Ilmu Pendidikan, 25(16), 16–32. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/PIP.251.3

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triwiniastuti, C. S., Kristen, U., Wacana, S., Sabatini, W., Kristen, U., & Wacana, S. (2019). Implementasi Program Ujian Nasional Di SMA Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 54–63. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p54-63

Wijayanti, I. K., & Retnawati, H. (2018). Analisis Profil Kesiapan Siswa SMA Dalam Menghadapi Ujian Nasional Di Kabupaten Temanggung. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, VI(2), 179–189. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpms.v6i2.23961


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.