Pengaruh Agresivitas Peserta Didik terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Ratih Eka Sakinah

Sari


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh agresivitas peserta didik terhadap pemahaman konsep matematika. Janis penelitian yang digunakan adalah peneitian survei dengan analisis kolerasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yang dilakukan dengan cara mengundi peserta didik sesuai absen di kelas. Instrument untuk mengumpulkan data pada penelitian ini berupa angket yang terdiri dari 27 pernyataan dan soal essay yang terdiri dari 8 soal. Berdasarkan uji hipotesis penelitian menggunakan Uji-F diperoleh Fhitung > Ftabel dimana Fhitung (4,41) > Ftabel (4,08) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara agresivitas peserta didik dengan pemahaman konsep matematika. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Auliya, R. N. (2019). Sikap siswa dan pemahaman konsep matematis dalam pembelajaran geometri. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1).

Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa smp. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261-272.

Illahi, U., Neviyarni, N., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku agresif remaja dan implikasinya dalam bimbingan dan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 68-74.

Kurnila, V. S., Danto, Y. S. S., Jundu, R., & Jelatu, S. (2019). Hubungan antara sikap pada matematika dan pemahaman konsep matematika siswa smp di kecamatan langke rembong. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).

Leonard, L. (2015). Kajian peran konsistensi diri terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).

Myers, David G. (2012). Psikologi sosial. Ed. 10, Jil. 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Septiyani, D. Y., Yensy, N. A., & Maizora, S. (2017). Pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran scientific terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas viii. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 127-136.

Umaroh, S. K. (2017). Agresivitas siswa ditinjau berdasarkan iklim sekolah dan keyakinan normatif mengenai agresi. Jurnal Ecopsy, 4(1), 17-24.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.