Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik

Ihwan Zulkarnain

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menemukan secara empiris dan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division) lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran tipe konvensional. Diskusi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Harapan Ciseeng tahun ajaran 2018/2019. Kelas XI sebagai sampel tes. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Besar sampel 40 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian berupa tes objektif sebanyak 12 soal uraian atau uraian. Teknik analisis data menggunakan uji-t, berdasarkan perhitungan dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung> ttabel = 4,28> 2,02 maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat dikatakan kemampuan Komunikasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, Anggraini, dan Leonard. (2012). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jakarta: Jurnal Formatif. 2(2): 102-110

Ansari, Bansu Irianto. (2003). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahamann dan Komunikasi Matematik Siswa SMU Melalui Strategi Think-Talk-Write. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendi, O. U. (2009). Komunikasi dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Hendriana dan Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Herdian. (2010). Kemampuan Komunikasi Matematika. Online. https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-komunikasi-matematis/.

NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards For School Matematics.http://www.nctm.org/standards/content.aspx

Nur, Asma. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP PRESS.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Siswandi, Herman Joseph. (2011). Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Metode Diskusi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. VOL. 3 (1): Hal 1-12

Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung: Nusa Media.

Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung: FTMIPA UPI.

Supardi U. S. (2014). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komperhensif. Jakarta: Change Publication.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV. Pusaka Setia.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Preena media Group.

Zulkarnain, Ihwan. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Siswa. Jakarta: Jurnal Fomatif. 5(1): 42-54


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.