Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa

M Tohimin Apriyanto, Lilis Herlina

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis prestasi belajar matematika pada saat pandemic ditinjau dari minat belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret s.d bulan Juli 2020 di SMK Tunas Harapan Jakarta Barat. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Tunas Harapan yang terdaftar pada Tahun AKademik 2019-2020. Sampel pada penelitian sebanyak 25 responden yang di ambil dengan teknik random sampling. Analisis data dengan mixed Method (sequential Ekplanotory: penggabungan metode kuantitatif dan kualitatif dengan mendahulukan metode kuantitatif). Dari hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan prestasi belajar matematika di saat pandemic, 2) Disaat pandemic minat belajar matematika cenderung menurun, sementara prestasi belajar matematika cenderung meningkat. 3) Meningkatnya prestasi belajar matematika karena pengelolaan pembelajaran dari guru mata pelajaran matematika yang dapat merangsang minat siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan pengerjaan tugas secara online. 4) Pada pembelajaran online seorang guru harus lebih pandai merancang pembelajaran dan evaluasi pembelajaran sebagai alat ukur keberhasilan pembelaran baik kognitif maupun afektif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aviana, R., & Hidayah, F. F. 2015. Pengaruh tingkat konsentrasi belajar siswa terhadap daya pemahaman materi pada pembelajaran kimia di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 3(1), 30-33.

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Dewa, E., Mukin, M. U. J., & Pandango, O. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 351-359.

Heriyati.(2017). ”Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika”.Jurnal Formatif 7(1): 22-32.

Ibda, Fatimah (2015), “Perkembangan kognitif: Teori Jean Piaget” INTELEKTUALITA, Volume 3, No.1

Liberna, Hawa.(2015). ”Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.”Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Pangestu, A. D., Samparadja, H., & Tiya, K. (2017). Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Uluiwoi Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 17-26.

Purnama, Indah Mayang (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3).

Saragih, Sahat. (2006). "Menumbuh kembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif terhadap Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik.".Jurnal pendidikan dan kebudayaan Departemen Pendidikan Nasional (551-565). Jakarta: Bada Penelitiandan Pengembangan Depdiknas.

Safari, 2003. Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2).

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung:PT. Remaja Rosdikarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.