Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika

Nurul Hikmah, Isniar Juniarti, Seruni Seruni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model  pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen quasi. Sampel dalam penelitian siswa SMA Negeri 5 Bekasi kelas XI IPA sebanyak 35 orang kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol dengan teknik  random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes tertulis kemampuan penalaran matematika sebanyak 7 soal yang sudah di uji validasi. Pengujian persyaratan analisis data terdiri dari uji normalitas dengan uji Chi-Kuadrat didapat kedua data berdistribusi normal dan uji homogenitas dengan Uji Fisher (uji-F) di dapat data homogen. Untuk pengujian hipotesis didapat  = 2,46 >  = 1,99 pada taraf signifikan 5%,  maka  15H0">  ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematika siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Purwanto, N. (2011). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis , Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Universitas terbuka.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan makalah: Berfikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika, FPMIPA UPI.

Supardi. (2014). Peran Kedisiplinan Belajar dan Kecerdasan Matematis Logis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Firmatif Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol. 4(2). Alumni dan LPPM UNINDRA PGRI.

Wulandari, E. (2011). Meningkatkan kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pendekatan Problem Posing (diunduh dari http://eprints.uny.ac.id/1709/1/Enika_Wulandari.pdf. 28 mei 2018 pukul 22:45 WIB).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.