Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Masa Pandemi Covid-19

Shifa Nur Hafifa, Maya Nurfitriyanti, Fatwa Patimah Nursa’adah

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah survei korelasional analisis regresi sederhana yang melibatkan peserta didik SMP Negeri 64 Jakarta sebagai sumber data. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pengumpulan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi dengan sampel sebanyak 28 peserta didik. Instrumen penelitian ini berupa 25 butir angket kemandirian belajar dan esai 8 soal. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% atau α = 0,05 yaitu: (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 17,3% dan 82,7% dipengaruhi faktor lain diluar kemandirian belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bramasti, R. (2012). Kamus Matematika. Jakarta : Aksarra, hal. 110.

Ghina, A. & Euis. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Perbandingan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 1, No. 2, Maret 2018. DOI 10.22460/jpmi.v1i2.93-218

Gunantara, G. Suarjana, M. & Riastini, N. P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1), 1-10

Mawaddah, S. & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. Pendidikan Matematika, Volume 3, 166–175. http://jurnal.ulm.edufilemawaddah.pdf. Diakses tanggal 24 Agustus 2021.

Siregar, N. (2017). Psikologi dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kependidikan ISSN 2527-5259 Vol.2, No.1, Juni 2017.

Sulaiman, E, dkk. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Strategi Problem Based Learning Pada Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 29 Sawangan Depok. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika. 2(1): 37-38.

Sugiyono, (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA. Hal. 11 – 120.

Sumarmo U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya. Jurusan Pendidikan Matematika : FMIPA UPI. Hal. 01 – 218.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.