Pemanfaatan Waktu Belajar Malam terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Perhatian Guru

Finna Nurrahmi

Sari


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara 1) Siswa yang melakukan belajar malam dengan perhatian guru dan siswa yang melaksanakan kegiatan belajar malam tanpa perhatian guru. 2) Siswa yang melakukan belajar malam dengan perhatian guru dan siswa yang tidak melaksanakan kegiatan belajar malam tanpa perhatian guru. 3) Siswa yang melakukan belajar malam tanpa perhatian guru dan siswa yang tidak melaksanakan kegiatan belajar malam tanpa perhatian guru. Dalam penelitian ini populasinya siswa kelas IX di SMP PLUS AL-ITTIHAD CIANJUR tahun ajaran 2018/2019 dimana sekolah tersebut terdapat program waktu belajar malam di kelas masing-masing. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan  instrument tes dan dokumentasi. Siswa yang memanfaatkan waktu belajar malam dengan perhatian guru lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang hanya memanfaatkan waktu belajar malam tanpa perhatian guru begitupun pada siswa yang tidak memanfaatkan waktu belajar malam dan tidak adanya perhatian dari guru mendapatkan hasil yang paling rendah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alimi. (2016). Efektivitas Kebijakan Jam Wajib Belajar Malam Hari Terhadap Anak Se-Kabupaten Bintan. Jurnal.

Dimyati dan Mujiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Lukman, H.S. (2018). Statistika Terapan Dasar. Bekasi: Nurani.

Slameto. (2010). Belajar Dan Factor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rienka Cipta.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.