Efektivitas Model Pembelajaran SSCS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Bariz Nur Hanifah, Indra Martha Rusmana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan menganalisis sejauh mana efektivitas model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dan desain penelitian quasi eksperimenstal design dengan bentuk non-equivalent control grup design dan pola post-test only. Populasi penelitian ini yaitu siswa SMK Islam Wijaya Kusuma kelas X AKL tahun ajaran 2018/2019. Uji hipotesis didapat t_(hitung)>t_(tabel) atau 2,7731 > 1,996, maka tolak H0 atau terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK Islam Wijaya Kusuma kelas X AKL tahun ajaran 2018/2019. Selanjutnya, besar efektivitas model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share dapat dilihat dati hasil uji Effect Size= 0,6447. Dengan demikian, model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK Islam Wijaya Kusuma kelas X AKL tahun ajaran 2018/2019.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Airlanda, Gamaliel Septien. (2016). Analisis Kualitas Pendidikan Ditinjau dari Penerapan Kebijakan Sekolah Gratis di SMA Negeri Weru Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Sains, 4 (1): 43-50. Doi: https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.43-50 (22 November 2018 pukul 19:54).

Deli, Maida. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 13 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(1): 71-78. Retrieved from: http://ejournal.unri. ac.id/index.php/JPFKIP/article/ view/2725 (2 Desember 2018 pukul 14:00).

Herawati, Oktiana Dwi Putra., Rusdy Siroj., dan H. M Djahir Basir. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. 4 (1): 71-80. Doi: https://doi.org/10.22342/jpm. 4.1.312. (22 November 2018 pukul 19:13).

Koyan, I Wayan. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Lestari, Pusti. (2013). Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) untuk Meningkatkan Disposisi Matematik Siswa. (Skripsi). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. Retrieved from: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitsream/123456789/ 24677/1/Pusti%20Lestari.pdf (12 Desember 2018 pukul 14:05).

Nurlaila, Nunung., Suparmi., dan Widha Sunarno. (2013). Pembelajaran Fisika dengan PBL Menggunakan Problem Solving dan Problem Posing Ditinjau dari Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inkuiri, 2 (2): 114-123. Doi: http://dx.doi.org/10.20961/inkuiri.v2i02.9758 (12 Oktober 2018 pukul 19:49).

Nurmaita, Isra. (2011). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dengan Seting Outdoor Mathematics terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Berbah. (Skripsi). Yogyakarta: UIN sunan kalijaga. Retrieved from: https://digilib.uin-suka.ac.id/6071/1/BAB%20I%2CV%2C% 20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf (7 april 2019 pukul 11:05).

Pritandhari, Meyta. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Promosi, 5 (1): 47-56. Doi: http://dx.doi.org/10.25127/ja.v5i1.845 (8 Maret 2019 pukul 12:32).

Rusmana, Indra Martha. (2014). Efektivitas Penggunaan Pendekatan Slim-N-Bil terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Formatif, 4(3): 208-218. Doi: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v4i3.156 (6 Januari 2019 pukul 14:47).

Siahaan, Friska B., dan Agusmanto J B Hutauruk. (2014). Inovasi Model Pembelajaran Pencapaian Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Kreativitas Matematika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Majalah Ilmiah: Visi, 22 (3): 1920-1927.

Suciati, Nia. (2013). Pengaruh Pembelajaran Search, Solve, Create dan Share dengan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah dan Berpikir Kritis Fisika. Jurnal Pendidikan Sains, 1 (2): 194-200. Doi: http://dx.doi.org/10.17977/jps.v1i2.4163 (2 Desember 2018 pukul 14:05).

Suryadi, Didi. (2012). Membangun Budaya Baru dalam Berpikir Matematika. Bandung: Rizqi Press.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Widjajanti, Djamilah Bondan. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 402-413. Universitas Negeri Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika. Retieved From: https://journal. ugm.ac.id/jfi/article/download/24410/15902 (22 September 2018 pukul 22:50).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.