Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Berhitung Sebagai Media Pembelajaran Berhitung

Desty Aprilia Kartini

Sari


Media pembelajaran merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat penting dalam menyampaikan suatu materi yang disampaikan guru kepada siswanya untuk dapat memberikan dorongan dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangan media pembelajaran siswa kelas 1 SDN Babakanmadang 04 agar memudahkan siswa berhitung penjumlahan dan pengurangan yang berkualitas agar dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Model penelitian yang digunakan untuk mengembangkan media ini adalah model desain pembelajaran ADDIE. Pada penelitian ini, media diujicobakan kepada tiga orang ahli materi, tiga orang ahli media, dan enam orang siswa pada ujicoba lapangan. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh hasil yang valid pada ahli materi dan ahli media yang artinya memiliki kriteria layak untuk digunakan. Hasil uji coba lapangan juga menghasilkan hasil yang valid yang berarti dari semua hasil tersebut media pembelajaran kotak berhitung sebagai media pembelajaran berhitung ini dapat dikategorikan layak untuk dipergunakan. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kotak berhitung sebagai media pembelajaran berhitung yang dikembangkan layak dan efektif di dalam pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Amelia, S. (2015). Pengaruh accelerated learning cycle terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(2), 122-124.Retrieved from http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/574

Bambang. (2013). Infografis Opera: Data pengguna mobile di Indonesia (website hingga gadget terpopuler). http://gadgetan.com/infografis-opera-data-pengguna-mobile-di-indonesia-website-hingga-gadget-terpopuler/48786

Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, hal.12

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yoryakarta: Penerbit Gava Media.

Fatimah, S. & Mufti, Y. (2014). Pengembangan media pembelajaran ipa-fisika smartphone berbasis android sebagai penguat karakter sains siswa. Jurnal Kaunia, 10(1), 59-64. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/104179-ID-pengembangan-media-pembelajaran-ipa-fisi.pdf

Fariah, N., & Leonard. (2017). Pengaruh frekuensi pemberian tes formatif terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, Vol. 1, 589-598. Retrieved from: https://www.academia.edu/34847277/Pengaruh_frekuensi_pemberian_tes_formatif_terhadap_hasil_belajar_matematika

Hartono, Hestidias Dwi. (2013). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dengan Bermain Kotak Kartu Berhitung (Studi Kasus pada Kelompok A Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Lawang.

Hartono, Hestidias Dwi. (2013). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dengan Bermain Kotak Kartu Berhitung (Studi Kasus pada Kelompok A Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Lawang.

Muhibbin Syah, 1999. Psikologi Pendidikan: dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, hal. 91

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nugroho, A. A. & Purwati, H. (2013). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning dengan pendekatan scientific. Jurnal Eucalid, 2(1), 174-182. Retrieved from http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/euclid/article/view/7

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta : Alfhabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kesuma Karya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sukmadinata,Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Rosdakarya.

Widiada, I Gede Indra, Desak Putu Parmiti, Luh Putu Putrini Mahadewi. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sederhana “Kotak Hitung” Pada Tema Lingkunganku Bidang Matematika Di Kelas II SD Negeri 2 Liligundi.

Widoyoko,S. Eko Putra. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Didik, Yogyakarta: Pustaka Belajar, hlm. 104

Wiryokusumo, Iskandar. (2011). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyani, Novan. A. (2013). Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

www.agesantum.blogspot.co.id/2013/01/pre-test-post-test-test-sumatif-test.html. diakses: Selasa, 2 Oktober 2013, pukul 20.00 wib.

www.aizzatullaili.wordpress.com/category/uncategorized, diakses: Selasa, 2 Oktober 2013, pukul 20.00 wib.

www.andreassusiloeko.blogspot.co.id/c2011/06 /pengertian-fungsi-dan-contoh-dari-tes.html. diakses: Selasa, 2 Oktober 2013, pukul 20.00 wib.

www.anitadiahmawarni.blogspot.co.id/2014/02/evaluasi-formatif-dalam-pembelajaran, diakses: Senin, 1 Juli 2014, pukul 20.00 wib.

www.ml.scribd.com/doc/28074716/Mata-Kuliah-Evaluasi-Pendidikan, diakses: Senin, 1 Juli 2014, pukul 20.00 wib.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.