Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif

Febriyanti Febriyanti, Hasni Kurnia Pratiwi

Sari


Penulisan ini betujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika yang ditanda adanya kesenjangan yang signifikan antara taraf intelegensia dan kemampuan akademik yang seharusnya dicapai. Kesulitan belajar kemungkinan disebabkan oleh gangguan didalam system saraf pusat otak yang dapat menimbulkan gangguan perkembangan. Kesulitan belajar siswa mencakup pengertian yang luas, di antaranya: (a) learning disorder, (b) learning disfunction, (c) under achiever, (d) slow learner, dan (e) learning disabilities. Kesulitan belajar matematika ini ditinjau dari gaya kognitif yang mengacu pada karakteristik seseorang dalam menanggapi, memproses, menyimpan, berpikir, dan menggunakan informasi untuk menanggapi suatu tugas atau berbagai jenis situasi lingkungan mengidentifikasi 3 tipe gaya kognitif yaitu Field Dependent (FD), Field Intermediate (FDI), dan Field Independent (FI). Individu FD yang dapat menjadikan siswa lebih kreatif dan mandiri, membantu siswa memahami bahan belajar secara lebih mudah, mengutamakan pada pengembangan pengetahuan yang dimiliki pada setiap individu, menekankan pada daya ingat siswa, dapat membantu guru untuk mengenal siswa secara individu.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardana, I.M. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berwawasan Konstruktivis yang Berorientasi pada Gaya Kognitif dan Budaya. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, No. 3.

Idris, R., (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(2), 152-172. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a3

Ngilawajan., (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Pendidikan, 2(1), 71-83. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.48

Sternberg, R.J, & Elena L.G. (1997). Are Cognitive Styles Still in Style?. American Psychologist Association, 52(7), 700-712. https://www.researchgate.net/publication/232564122_Are_cognitive_styles_still_in_style

Susanto, A., (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana. Hal 185.

Ulya, H., (2015). Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2), 1-12. https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.410

Widyasari, N.M.D., Meter, I.G., & Negara, I.G.A.O., (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SDPlitong Se-Kabupaten Gianyar. Jurnal PGSD, 3(1), 1-11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5069

Yousefi, M., (2011). Cognitive Style and EFL Learners’ Listening Comprehension Ability. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 1(1), 73-83. http://dx.doi.org/10.17509/ijal.v1i1.100


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.