Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Luluk Setyowati

Sari


Penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran telah menjadi tren yang mendunia dan telah banyak penelitian yang meneliti tentang penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa dan guru serta dampak penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran matematika di SD John Paul’s School Harapan Indah Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran matematika dengan menggunakan bahasa Inggris di SD John Paul’s Harapan Indah dilakukan dengan membuat guru menyampaikan segala instruksi pembelajaran dengan menggunakan bahasa Inggris. Guru tidak menargetkan kata-kata tertentu melainkan instruksi dilakukan secara natural, guru berusaha menggunakan kosa kata bahasa Inggris sebanyak-banyaknya. Kegiatan pembelajaran di kelas berlangsung secara interaktif, guru berusaha membuat siswa untuk mau berinteraksi dan menjawab atau memberikan pertanyaan selama kelas berlangsung dengan menggunakan bahasa Inggris. Dengan digunakannya bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran matematika, siswa menjadi mudah mengerjakan soal Ujian dan berhasil mendapatkan perfect score.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arnyana, I. B. P. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Dipandu Strategi STAD dalam Pembelajaran Sains di SMA BI. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran UNDIKSHA, 42(3), 178–186. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i3%20Okt.1754

Artini, L. . (2013). Penggunaan English As Medium Of Instructions (Emi) Dan Konsekuensinya Terhadap Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Persepsi Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 166–178. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v2i1.1312

Crandall, J. (2018). Collaborate and Cooperate: Teacher Education for Integrating Language and Content Instruction. English Teaching Forum, (36).

Hamers, J.F: Blanck, M. H. . (2012). Bilinguality and Bilingualism. Cambridge: Cambridge University Press.

Lorenzo, F., Casal, S., Moore, P. (2009). The Effects of Content and Language Integrated Learning in European Education: Key Findings from the Andalusian Bilingual Sections Evaluation Project. Applied Linguistics, 31(3), 418–442. Retrieved from https://doi.org/10.1093/applin/amp041

Marsitin, R. (2014). Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Melalu Cooperative Integrated Reading and Compositioin (CIRC) dalam Meningkatkan Kuallitas Perkuliahan Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 4(2), 536–544. Retrieved from https://doi.org/10.21067/jip.v4i2.410

Nasution. (2010). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Paraniti. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris dan Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Kemampuan Dasar Berbahasa Inggris Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1), 1–14. Retrieved from http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/397

Santrock, J. (2009). Psiko logi Pendidikan (Educational Phychology) (3rd ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Sharah, S. (2009). Handbook of Cooperative Learning Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran Untuk Memacu Keberhasilan Siswa di Kelas. Yogyakarta: IMPERIUM.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Stathopoulou, C., Kalabasis, F. (2011). Language and Culture in Mathematics Education: Reflections on Observing a Romany Class in a Greek School. Educational Studies in Mathematics, 64(3), 231–238. https://doi.org/10.1007/s10649-006-4496-y

Uys, M., J. van der Walt, R. van der Berg., Botha, S. (2012). English as Medium of Instruction: a situation analysis. South African Journal of Education, 27(1), 69–82. https://doi.org/10.4314/saje.v27i1.25099


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.