Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual (SAVI) terhadap Pemahaman Konsep Matematika

nurma tambunan, Anggi Via Kristi

Sari


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual (SAVI) terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif terhadap peserta didik kelas X SMA Sandikta Bekasi. Uji Normalitas menggunakan uji Liliefors pada kelompok Eksperimen (Model SAVI).  Dari pengolahan data diperoleh hasil: Pemahaman konsep matematika materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku pada kelompok peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran SAVI lebih signifikan dari pada pemahaman konsep matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran Auditory, Intellectual, Repatition (AIR). Dengan kata lain, penggunaan model pembelajaran SAVI pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mulyono, A. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosisi, dan Remediasinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Noor, J. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi, U.S. (2018). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Change Publication.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.