Pengaruh Kemampuan Verbal dan Konsep Diri terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Fatwa Patimah Nursa'adah, Lia Yulianti

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan verbal dan konsep diri terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode total sampling dengan jumlah sampel 51 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi ganda. Sebelum melakukan uji hipotesis, peneliti melakukan uji persyaratan data yaitu uji normalitas, uji linieritas dan multikolinieritas. Hasil perhitungan uji normalitas dengan mengunakan uji Chi Kuadrat, menunjukan bahwa data yang digunakan berasal dari data yang berdistribusi normal, untuk hasil perhitungan uji linieritas menunjukan bahwa regresi berpola linier dan hasil uji multikolinieritas menunjukan bahwa tidak terdapat kolinieritas/multikolinieritas antara variabel X1 dan X2 dalam model regresi.Setelah dilakukan penelitian tersebut, akhirnya penulis dapat menarik kesimpulan bahwa peserta didik yang memiliki kemampuan verbal dan konsep diri yang tinggi kemampuan pemahaman konsepnya lebih baik dibandingkan peserta didik yang mempunyai kemampuan verbal dan konsep diri yang rendah, serta terdapat pengaruh positif yang signifikan kemampuan verbal dan konsep diri terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anni, Catharina. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Erin, Ana Fitri. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Penerimaan Diri Siswa Kelas VII SMPN 3 Bandung Tulungagung. Malang: Universitas Islam NegeriMaulana Malik Ibrahim

Ibrahim dan Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga

Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja RosdaKarya

Rohana. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa FKIP Universitas PGRI. Palembang: Prosiding PGRI’

Wahid, Abdul dan Kurniawan, Heru. (2013). Kemahiran Berbahasa Indonesia Terampil Menulis Karya Ilmiah & Ilmiah Populer. Purwokerto: Kaldera Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.