Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dan Pengaruhnya terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Aulia Rahmah, Arfatin Nurrahmah

Sari


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) bila dibandingkan dengan STAD terhadap Pemahaman Konsep Matematika kelasVIII di SMP Sandikta Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal essay untuk variabel pemahaman konsep matematika. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berasal dari populasi terjangkau peserta didik kelas VIII SMP Sandikta Bekasi tahun ajaran 2017/2018, dengan pengambilan random sampling. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t diperoleh , sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap pemahaman konsep matematika. Sehingga model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dapat menjadi model pembelajaran yang dapat dipilih guru untuk digunakan dalam proses pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif sehingga peserta didik termotivasi untuk belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariyanti , dkk. (2014). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFE) dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Vol 2. No. 1 e-Journal MIMBAR PGSD. Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Tersedia:http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3120 diakses 8 Agustus 2018.

Killen. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Laksmini, dkk. (2014). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Semester 1. Vol: 2 No: 1. e-Journal MIMBAR PGSD. Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Tersedia :http://ejournal.undiksha.ac.id/ind ex.php/JJPGSD/article/view/2426 diakses 8 Agustus 2018

Leonard. (2015). Edu Research. Jakarta: Cakrawala Unindra Press.

Sugiyono. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.