Literasi Matematika sebagai Solusi Pemecahan Masalah dalam Kehidupan

Indra Marta Rusmana

Sari


Literasi matematika merupakan salah satu kemampuan seseorang yang sangat penting peranannya dalam mencari solusi dalam permasalahan kehidupan sehari-hari. Seseorang yang mempelajari dan memahami matematika akan dengan mudah menemukan jawaban dari masalah yang dihadapi. Kemampuan ini tidak hanya terbatas pada kemampuan menghitung saja akan tetapi juga bagaimana mengkomunikasikan, menalar dan proses berfikir matematis lainnya. Proses penyelesaian masalah ini melibatkan segenap objek dalam matematika. Setelah diperoleh solusi, solusi tersebut ditafsirkan kedalam konteks atau situasi nyata. Hal ini tidak hanya berlaku pada permasalahan dunia kerja yang kompleks saja akan tetapi juga mencakup masalah yang dihadapi sehari-hari. Dengan demikian diharapkan akan terwujud masyarakat yang siap menghadapi berbagai tantangan abad ini.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akinyode, B. F., & Khan, T. H. (2016). Students’ learning style among planning students in Nigeria using Kolb’s learning style inventory. Indian Journal of Science and Technology, 9 (47), 1-13.

Departement of Basic Education Republic of South Africa. (2011). Curriculum and assessment policy statement grades 10-12: Mathematical literacy. Pretoria: Government Printing Works.

Kaye, S., & Rose, T. (2015). Assessing mathematical literacy. New York: Springer International Publishing.

Niss, M, Modelling a Crucial Aspect of Students’ Mathematical Modeling. In Lesh, R., Galbraith, P.L., Haines, C.R., & Hurford, A (Eds). (2013). Modeling Students’ Mathematical Modeling Competencies (p. 43-59). New York: Springer.

Mullen, J. (2009). Enhancing Mathematical Literacy. (Online): http://fisherpub.sjfc.edu/mathcs_etd_masters/90 (Diakses 28 Februari 2018)

Organisation for Economic Co-operation and Development. (2009). Learning Mathematics for Life: A View Perpective from PISA. OECD Publications: Paris.

Sari, Rosalia HN. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 713-720. Universitas Negeri Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika.

Stecey, K & Tuner, R., Assessing Mathematical Literacy: The PISA experience, Australia: Springer, 2015.

Steen, L., & Turner, R., Developing Mathematical Literacy. In Blum, W., Galbraith, P., Henn, H-W., & Niss, M (Eds), Modeling and Aplication in Mathematics Education- The 14th ICMI Study (pp. 285 - 294). New York: Springer.2007.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.