Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Yasidik Parakansalak

Heru Khaerudin

Sari


Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar mata pelajaran matematika siswa SMP Yasidik Parakansalak Kabupaten Sukabumi. Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan sampel sebanyak  rang. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dengan instrument skala likert. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh pemberian reward (ganjaran) dan punishment (hukuman) terhadap motivasi belajar siswa baik secara parsial maupun secara simultan. Reward dengan hasil analisis koefisien regresi diperoleh hasil yang positif sebesar 0.422 yang berarti ada pengaruh reward terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan. Punishment dengan hasi analisis koefisien regresi dieroleh hasil yang negatif sebesar -0.193 yang berarti tidak signifikan terhadap motivasi belajar.  Namun jika keduanya (reward dan punishment) diujikan bersama-sama dengan hasil 10.506 yang berarti secara serempak reward dan punishment berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Bahril Faidy (2014), Hubungan pemberian reward dan punishment dengan motivasi belajar pendidikan kewarganegaan siswa kelas XI SMA negeri 1 Ambunten kabupaten Sumenep: Jurnal Kajian modal dan kewarganegaraan Volume 2 No. 2.

Rusdiana Hamid, (2006), Reward dan Punishment dalam perspektif pendidikan Islam, Kalimantan:Ittihad jurnal koperasi wilayah XI, Volume 4 No. 5 April 2006.

Wulandari, Ika Suci. (2014), Pengaruh pemberian Reward dan Punishment terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Passing bawah Bolavoli studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Yosowilangun Lumajang:Jurnal pendidikan olahraga dan kesehatan, Volume 2 No. 3.

Burhan, bungin. (2004). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Permada Media.

Haryadi, Sugeng. (1996). Perkembangan Siswa. Semarang: IKIP Semarang.

Iqbal, Hasan. (2006). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenagkan. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2008). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tartiso.

Sugiyono, (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta.

Suryani, Hamidah. (2017). Statistika Terapan Dasar. Bekasi: CV. Nurani


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.