PERAN ELEMEN HEALING ARCHITECTURE DALAM PENCIPTAAN RUANG EDUKASI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS STUDI KASUS : SEKOLAH ALAM AMARDHIKA, CIBUBUR

Nadya Kamila, Rahma Purisari

Abstract


Abstrak : Sekolah menjadi sumber utama bagi masyarakat dalam mencari ilmu pengetahuan yangbermanfaat untuk keberlangsungan hidupnya, tidak terkecuali untuk anak berkebutuhan khusus(ABK). ABK membutuhkan ruang edukasi yang dirancang secara spesifik untuk mengakomodirkebutuhannya. Upaya penciptaan lingkungan yang mampu menyeimbangkan kesehatan pikiran,tubuh dan jiwa manusia dikenal dalam dunia arsitektur sebagai ruang pemulih (healingarchitecture). Sebagai studi kasus, peneliti menelaah Sekolah Alam Amardhika yang berperansebagai sekolah inklusi sekaligus sekolah alam. Analisis terhadap studi kasus dilakukan denganmelakukan observasi dan wawancara-wawancara terkait prinsip serta elemen penyembuh padakondisi fisik Sekolah Alam Amardhika. Prinsip penciptaan ruang pemulih dapat terwujud denganmemahami bagaimana lingkungan fisik dapat mengurangi stressor, meningkatkan privasi, memilikikenyamanan dan kontrol akustik untuk ABK, serta kemudahan dalam mengakses pemandangan.Sementara itu, elemen penyembuh antara lain mencakup elemen visual, lansekap, interior, produk,material, furnitur, warna, seni dan dekorasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa desain ruang luardan dalam yang dirancang dengan mengutamakan kebutuhan spesifik ABK memiliki pengaruh baikdalam upaya optimalisasi daya tangkap ABK dengan kecenderungan autis, tuna laras, tuna daksadan kesulitan belajar. Aspek penting yang dibutuhkan dalam pemulihan ini adalah adanya sistemholistik yang menyatukan antara elemen visual, lansekap, interior (produk dan material), warna sertadekorasi.Kata Kunci : ruang edukasi anak berkebutuhan khusus, peranan arsitektur penyembuh, sekolahalam

References


Hebert, B. B. (2003). Design Guidelines of A Therapeutic Garden for Autistic Children. Design Guidelines of A Therapeutic Garden for Autistic Children.

Hosking, S., & Haggard, L. (1999). Healing the

Hospital Environment: Design, Management and Maintenance of

Healthcare Premises. Routledge.

Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan

Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.

Kampus Baru UI, Depok: Lembaga pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3).

Nickle-Weller, C., & Nickle, H. (2013). Healing Architecture. Munich: Braun.

Rosalyn Cama, F. (2009). Evidence-Based Healthcare Design. Wiley.

Suhendi. (2011). Belajar Bersama Alam. Bogor:

SoU Publisher.

Huisman. (2012). Building and Environment. Healing environment: A review of the Warna pada Interior impact of physical environmental factors on users. Hussein, H. (2010).

Using the Sensory Garden as a Tool to Enhance the Educational Development and Social Interaction of Children with Special Needs. British Journal of Learning Support, 25-31.




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v1i1.3847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.