RUANG EDUKASI BUDAYA PADA SANGGAR KESENIAN TRADISIONAL BETAWI

Dwi Triwahyuni, Atie Ernawati, Marselly Dwi Putri

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran edukasi budaya
tradisional Betawi di dalam sanggar kesenian Betawi. Pendekatan penelitian ini adalah
kualitatif. Subjek penelitian adalah sanggar kesenian tradisional Betawi. Teknik
pengumpulan data yaitu observasi. Data di analisis dengan penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil dari penelitian yakni terdapat tiga sumber utama dalam penelitian ini
yaitu edukasi, komunitas dan kesenian tradisional Betawi dimana sebagai etnis asli di
Jakarta. Dimana peran edukasi sangat berperan didalam sebuah komunitas sanggar
budaya. Hal ini terjadi karena, wujud dan bentuk seni pertunjukkan tradisional akan
hilang bersamaan dengan selesainya pertunjukkan tersebut. Perancangan pusat kesenian
tradisional Betawi ini mempunyai desain dengan pendekatan edukasi budaya. Dimana
edukasi meliputi pembelajaran tentang penggunaan bahasa, pakaian adat Betawi,
permainan kesenian tradisional Betawi, lagu daerah. Memanfaatkan keberadaan para
budayawan Betawi yang akan membawa perkembangan karakter dan sikap budaya anak
sesuai dengan budaya Betawi yang meliputi kesopanan, kereligiusan. dan toleransi.
Kata Kunci : Edukasi berbasis budaya, Komunitas, Budaya Betawi


References


Shahab, Yasmine Z, (2004). “Dalam Kelestarian

Dan Mengembangkan Budaya Betawi”

Vol 66, Jakarta : Universitas Indonesia

hal 74.

Kementrian Pendidikan Nasional, Pengembangan

Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa,

Jakarta : 2010, hal 3.

Mora, Lori, (2015). “Lestarikan Budaya Lewat

Pendidikan” Jakarta, hal 1.




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v1i1.3862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.