PERANCANGAN GEREJA KHARISMATIK DI RUANG URBAN-DEPOK LAMA

Sisca Priscilliana, Rita Laksmitasari Rahayu, Endang Suhendar

Abstract


Abstrak : Perkembangan kota merupakan bagian yang tidak akan terlepas dari perjalanan suatusejarah. Perkembangan kota juga selalu berhubungan dengan peradaban manusia. Pesatnyaperkembangan kota membuat identitas suatu kota menjadi hilang, bersamaan dengan manusia yangmengikuti perkembangan jaman tanpa memperhatikan pentingnya sejarah tersebut bagi identitas kota.Kota Depok di kelurahan Depok Lama memiliki potensi kawasan wisata sejarah terutama pada sejarahkeagamaan kekristenan. Tujuan yang diinginkan dalam perancangan bangunan gereja kharismatikyaitu memunculkan kembali identitas kota yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang sekitar.Metode yang digunakan dalam perancangan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan linguistiksemiotik pada desain bangunan gereja. Hasil yang didapatkan yaitu terdapat bangunan-bangunan tuapeninggalan Chastelein di wilayah Depok Lama yang menyatakan identitas kota kelurahan DepokLama dan makna yang terkandung pada penggunaan simbol bangunan gereja dapat tersampaikankepada setiap orang yang melihat bangunan tersebut.Kata Kunci : Depok, Gereja, kharismatik, linguistik, semiotik, Simbol

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku

Aritonang, Jan S. (2010). Berbagai Aliran di Dalam dan di Luar Sekitar Gereja. Jakarta: BPK Gunung Mulia, cet. Ke-10. Hlm. 196, 214-5.

Van Kooij, Rijinardus A. & Yam’ah Tsalatsa. (2007). Bermain dengan Api – Relasi Antara Gereja-Gereja Mainstream dan Kalangan Kharismatik Pentakosta. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Hlm. 36.

Jurnal Aditiya, Wisnu Rega. (2017). Revolusi Sosial di Kota Depok 1945-1955. Semarang: Tugas Akhir Program Sarjana Universitas Negeri Semarang. Hlm. 20-26.

Tampi, DM, AJ. Tallo. (2018). Chastelein Potensi Kawasan Wisata Sejarah Kota Depok. Jakarta: Universitas Agung Podomoro. Hlm. 198-200.

Nugroho, Sektiyono Pinto. (2017). Gereja Likuid di Tengah Masyarakat Pascamodern. Yogyakarta: Tugas Akhir Program Sarjana Universitas Sanata Dharma. Hlm. 44-51.

Website

Eddiedandel. (03 Juli 2011). Kaki Dian Emas Pelita Kandil. Diunduh 09 Juli 2019 dari http://eddiedandel.blogspot.com/20kandil.html.

Qubicle Travel. (06 September 2018). Menyambangi Wilayah Belanda Depok yang Tersembunyi. Diuduh 18 Agustus 2019 dari http://eddiedandel.blogspot.com/20 11/07/kaki-dian-emas-pelita-emas- kandil.html.




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v1i1.3918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.