PERANCANGAN PANTI WERDHA LANSIA BEKASI

Rizki Julianto, Rita Laksmitasari Rahayu, Andrianto Kusumoarto

Abstract


Seiringan dengan pertumbuhan penduduk begitu juga dengan meningkatnya jumlah lansia, turut serta membawa berbagai permasalahan, permasalahan yang umum pada lansia di daerah pinggiran kota adalah kemiskinan, keterlentaran, kecacatan, serta tidak adanya keluarga yang mendampingi dan memberi bantuan perekonomian, Penempatan lokasi di   Bekasi sangat strategis karena dari jumlah lansia yang berada dibekasi beberapa lansia yang terlantar belum tertampung di panti dan tidak memilik kesejahteraan, secara umum dengan gambaran bahwa lokasi tersebut masih terbilang sangan kondusif , kurangnya tempat tinggal unutuk lansia menjadi dasar utama ide untuk membangun Panti Werdha, perancangan bangunan Panti Werdha menggunakan metode studi litelatur, studi preseden dan studi kondisi apangan yang akan di rancang menggunakan konsep Arsitektur Hijau bertujuan untuk memberi kenyamanan dan ketengan kontek hijau disi dalam artian memberikan hunian nyaman secar tempat tinggal yang sejuk dan lanyaknya berada dirumah, karna lansia pada umumnya menginginkan tempat di hari tua nya berda dirumah berkumul Bersama keluarga , dan akan diwujudkan didalam panti erdha degan tempat layaknya dirumah dan membangun interaksi antar lansia dan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan lansia, Panti Werdha didukung pemerintah setempat memberi layanan dan membimbing lansia agar mencapai kesejahteraan lansia Jawa barat terutaman di Bekasi dan sekitarnya, Panti Werdha dengan konsep hijau yang diharapkan dapat menjadi rumah yang memiliki haraan baru bagi penghuninya dengan notabene adalah lansia terlantat agar hidup layak dan aktif di hari tua, ditata sedemikian rupa menjadi tempat tinggal lansia.

Full Text:

PDF

References


BPS Jawa Barat. 2018. Jawa Tengah Dalam Angka 2012. Badan Pusat Statistik Jawa barat. Department of Veteran. 2006. Affairs. USA: The Nursing Home Design Guide.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Kamus Besar Bahsa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Departemen Sosial RI. 1997. Petunjuk Pelaksanaan Panti Sosial Tresna Werdha Percontohan. Jakarta.

Dinas Kesejahteraan Sosial Propinsi Jawa arat. 2018. Profil Pelayanan Panti Wredha. Bekasi : Diksos Jawa barat.

Direktorat Jenderal Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial. Kebijakan dan Program Pelayanan Sosial Lanjut Usia di Indonesia. 2015. Departemen Sosial RI. Jakarta.

Hakim, Rustam. 2004. Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap. Jakarta: Bumi Aksara. KBBI. 2016.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dipetik 4 Juli, 2018, dari KBBI Daring: https://kbbi.kemdikbud.go.id

Juwana, Jimmy S. 2005. Panduan Sistem Bangunan Tinggi. Jakarta: Erlangga.

Panero, Julius dan Martin Zelnik. 2003. Dimensi Manusia dan Ruang Desain Interior. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.30998/snkkb.v2i1.5105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.