Pengembangan Sistem Pembimbing Akademik Dengan Java

Bay Haqi, Jonser Sinaga

Abstract


Bimbingan Akademik yang terjadi pada saat ini ada masih manual dan tidak terkontrol. Kegiatan pembimbing akademik hanya untuk mengisi kartu rencana studi mahasiswa setiap semester, konsultasi KRS yang akan di ambil mahasiswa dan konsultasi masalah yang lainnya dipegang oleh mahasiswa yang bersangkutan sedangkan dosen pembimbing akademik tidak memegang rekap konsultasi bimbingan akademik dan jika ditanyakan kepada dosen pembimbing akademik masing-masing. Kadang mereka kehilangan daftar mahasiswa yang harus dikonsultasi. Aplikasi sistem pembimbing akademik ini bertujuan untuk mengontrol mahasiswa yang dibimbingnya sehingga dosen PA dapat membimbing mahasiswanya dengan baik karena dengan aplikasi ini riwayat akademik mahasiswa tercatat dan tersimpan di aplikasi ini. Dosen PA dapat mencetak sewaktu-waktu data mahasiswa bimbingannya termasuk seluruh kegiat anak ademik yang pernah dijalani oleh mahasiswa bimbingannya. Sistem aplikasi PA ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman Javanetbeans  dan  database MySQL dengan menggunakan metode pengembangan system Waterfal. Dengan aplikasi PA ini, Dosen PA mampu berinteraksi dengan mahasiswa yang dibimbing dengan efektif dan semua riwayat kegiatan akademik mahasiswa tersimpan di database dengan output laporan yang  informative, hal ini tentu akan mempermudah dosen PA jika sewaktu-waktu membutuhkan informasi tentang mahasiswa yang dibimbingnya.

Full Text:

PDF

References


Haqi, Bay. 2019. Aplikasi Absensi Dosen Dengan Java Dan Smartphone Sebagai Barcode Reader. Jakarta: Elex Media Komputindo. https://ebooks.gramedia.com/id/buku/aplikasiabsensi-dosen-dengan-java-dan-smartphonesebagai-barcode-reader?buffet=1.

Simmarmata, Janner. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Syafitra, Ridoaldi. 2013. “Rancang Bangun Aplikasi Bimbingan Akademik Berbasis Web Dan Android Pada Program Studi Manajemen S1 STIE MDP.” Teknik Informatika: 1–10.

Wahyuningsih, Delpiah. 2017. “Pengembangan Sistem Pembimbing Akademik Secara Online Dengan Memanfaatkan Teknologi Rich Internet Application.” Sisfotenika 7(2): 197.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v4i1.1124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNAS RISTEK  indexed by: