Pengaruh Bentuk Tes Formatif Dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Matematika

M. Ardiansyah, Mohamad Lutfi Nugraha

Abstract


Maksud dan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang diberi tes formatif uraian terbatas dan bebas, dan mencari tahu perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang mempunyai tipe kepribadian ekstrovet dan introvert, serta mencari tahu apakah terdapat pengaruh interaksi hasil belajar matematika peserta didik yang diberi bentuk tes formatif uraian terbatas dan uraian bebas dengan tipe kepribadian peserta didik. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMA Uswatun Hasanah dengan metode penelitian yang dipakai adalah eksperimen.  Sebanyak 48 peserta didik yang dijadikan sampel penelitian, diantaranya 12 siswa kelas kontrol dan 12 siswa kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan cara menyebar angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, modus, standar deviasi, dan Analisis inferensial yaitu analisis varian va dua jalur. Hasil penelitian ini adalah Terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik  yang diberi bentuk tes formatif uraian terbatas lebih tinggi dari pada uraian bebas. Jadi terdapat pengaruh yang sangat signifikan bentuk tes formatif uraian terbatas terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik  yang bertipe kepribadian ekstrovert lebih tinggi dari yang bertipe kepribadian introvert. Jadi terdapat pengaruh yang sangat signifikan tipe kepribadian ekstrovert terhadap hasil belajar matematika peserta didik, Terdapat pengaruh interaksi hasil belajar matematika  peserta didik yang diberi bentuk tes formatif uraian terbatas dan uraian bebas dengan tipe kepribadian peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Hadi, S. (2004). Metodologi Research 4. Yogyakarta: Andi Offset. Mulyasa, E. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) : Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. Slameto, D. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Edisi Revisi, cetakan 5. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana, N. (2009). Penilaian Proses Belajar Mengajar cetakan ke-14. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sumarna, D. (2007). Panduan Penulisan TES TERTULIS Implementasi Kurikulum 2004 Cetakan 3. Bandung: Remaja Rosdakarya. Supardi, S. U. S. (2015). Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Interaksi Tes Formatif Uraian dan Kecerdasan Emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 78–96. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.115 Surapranata, D. S. (2007). Panduan Penulisan TES TERTULIS Implementasi Kurikulum 2004 Cetakan 3. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v4i1.2523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNAS RISTEK  indexed by: