Pengaruh Internet Terhadap Industri Ecommerce Dan Regulasi Perlindungan Data Pribadi Pelanggan Di Indonesia

Sandryones Palinggi, Erich C. Limbongan

Abstract


Penetrasi internet telah banyak menjangkau masyarakat umum di Indonesia. Jumlah pengguna internet yang ada saat ini mampu dimanfaatkan oleh para pelaku usaha khususnya dalam peningkatan ekonomi melalui industri ecommerce. Kehadiran teknologi baru seperti IoT dan Big Data, turut memberikan dorongan yang amat pesat terhadap kemajuan industri e-commerce. E-commerce lahir dari perkembangan teknologi yang semakin bergerak dengan cepat dan dipadukan dengan perkembangan ekonomi yang menuju ke arah digitalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan analisis deskriptif perkembangan industri e-commerce di Indonesia, peran big data serta regulasi perundang-undangan khususnya menyangkut perlindungan data pribadi. Metoda penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur untuk melacak data catatan peristiwa, yang selanjutnya digunakan oleh penulis untuk mengumpulkan data termasuk sumber dari penelitian sebelumnya. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kesadaran pemerintah, pelaku usaha dan pelanggan serta warga negara Indonesia terhadap pentingnya perlindungan data pribadi dalam bentuk undang-undang yang selanjutnya dapat memberikan rasa aman dan nyaman dalam melakukan proses jual-beli maupun transaksi online di semua platform media e-commerce.

Full Text:

PDF

References


APJII. (2018). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Apjii, 51. Retrieved from www.apjii.or.id Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. In Kencana. https://doi.org/10.1002/jcc.21776 Cholissodin, I. (Brawijaya U., & Riyandan, E. (Brawijaya U. (2018). Analisis Big Data (Teori & Aplikasi). Big Data vs Big Information vs Big Knowledge, 1.01, 1–476. Retrieved from https://www.academia.edu/36718594/Buku_A nalisis_Big_Data DPR RI. (2019). Rancangan Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Perlindungan Data Pribadi. (1), 1–41. Retrieved from https://aptika.kominfo.go.id/wpcontent/uploads/2019/09/RUU-PDP.pdf idEA. (2016). Sekilas Tentang idEA. Retrieved December 2, 2019, from www.idea.or.id website: https://www.idea.or.id/tentangkami/apa-itu-idea.html Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. Orasi Bisnis, VI(November), 95–112. Ramadhan, H. A., & Putri, D. A. (2018). Big Data, Kecerdasan Buatan, Blockchain, dan Teknologi Finansial di Indonesia. 1–66. Retrieved from https://aptika.kominfo.go.id/wpcontent/uploads/2018/12/Kajian-KominfoCIPG-compressed.pdf




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v4i1.2543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNAS RISTEK  indexed by: