Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Terhadap Kemampuan Kemandirian Belajar Matematis Siswa Sma

Ade Lukman Nulhakim

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar matematika siswa pada materi vektor. Materi vektor oleh sebagian siswa dianggap sebagai materi yang sulit dari materi matematika yang lain seperti trigonometri. Banyaknya siswa kesulitan bahkan salah dalam menggunakan aturan vektor yang berakibat pada hasil belajar siswa menjadi rendah. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, media pembelajaran dikenalkan kepada siswa untuk menjadi solusi mengatasi hasil belajar siswa yang rendah sekaligus meningkatkan kemandirian belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat pengembangkan bahan ajar interkatif pada materi vektor terhadap kemampuan kemandirian belajar mastematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Dari hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) Penilaian angket bahan ajar yang diberikan pada ahli pendidikan diperoleh hasil bahan ajar masuk kategori sangat kuat dengan persentase akhir sebesar 81.43% (2) Penilaian angket bahan ajar oleh ahli multimedia diperoleh yang diberikan kepada ahli matematika diperoleh hasil bahan ajar masuk kategori sangat kuat dengan persentase akhir sebesar 80% 3) Penilaian angket bahan ajar oleh ahli Matematika diperoleh hasil bahan ajar masuk kategori sangat kuat dengan persentase akhir sebesar 90% (4) Uji skala terbatas yang dilakukan kepada 10 orang siswa SMA diperoleh hasil bahan ajar masuk kategori sangat kuat dengan presentase akhir sebesar 84%.

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B., & Aswin Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rieneka Cipta. Prasetyo. (2012). Research and Development Pengembangan Berbasis Penelitian. https://docplayer.info/89485285-Researchand-development-pengembangan-berbasispenelitian.html Ramayanti, S. (2008). Pengaruh Pendekatan Problem-Centered Learning dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kompetensi Strategis Siswa SMP. UPI. Ramdani, Y. (2006). Kajian Pemahaman Matematika Melalui Etika Pemodelan Matematika. Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 22(1), 1–14. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mim bar/article/view/198 Riduwan, & dkk. (2010). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v4i1.3730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNAS RISTEK  indexed by: