Desain Pengembangan Pembelajaran E-Learning Matematika Berbasis Al-Qur’an

Indra Kurniawan, Fery Rahmawan A

Abstract


Pengembangan pembelajaran E-learning merupakan satu dari sekian usaha untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi saat ini agar para siswa dapat belajar dengan efektif. Tujuan dari penelitian ini tak lain untuk mendiskripsi dan mengimplementasi pengembangan pembelajaran E-learning matematika berbasis Al Qur’an. Metode penelitian Penelitian ini menggunakan Research and Developmentdengan langakah-langkah sebagai berikut : (1) Tahap Analisis ; (2) Tahap Design; (3) Tahap Development; (4) Tahap Implementasi dan (5) Tahap Evaluation . Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan pembelajaran matematika berbasis Al Qur’an melalui rencana pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi, (2) Pengembangan pembelajaran matematika dengan berbasis Al Qur'an ternyata memberikan dampak yang lebih efektif dan lebih mampu menambah pemahaman peserta didik terkait adanya hubungan matematika dengan Al Qur’an. Dengan demikian, hal ini mampu menambah pengetahuan agama peserta didik dan juga turut meningkatkan pencapaian hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Cantu Paola. (2010). Aristotle’s Prohibition Rule On

Kind-Crossing And The Definition of

Mathematics As a Science of Quantities.

Synthese International Journal, 174, 225–235.

Ismail D, dkk. (2014). Perkembangan dan Masalah

Pembelajaran al-Quran dalam Program. JQAF Di Malaysia. Islamiyyat, 36(2), 57–66.

Khasanah U & Astuti D. (2018). Developing

Mathematics Learning Model of Thinking

Empowerment by Question (TEQ) with TAI

Setting to Improve Students’ Metacognition

Ability. International Journal of Active

Learning., 3(2).

Linda Darling-Hammonda, Lisa Flooka, Channa

Cook-Harveya, Brigid Barronb, and D. O.

(2020). Implications for educational practice

of the science of learning and development.

Applied Developmental Science, 20(2), 97–

Radha, R. dkk. (2020). E-Learning during

Lockdown of Covid-19 Pandemic: A Global

Perspective. International Journal of Control

and Automation., 13(4), 1088–1099.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.4791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNAS RISTEK  indexed by: