Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Materi Fisika Listrik Magnet Menggunakan Matlab

Siwi Puji Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar fisika listrik magnet menggunakan Matlab. Penelitian ini dilakukan di Universitas Indraprasta PGRI, pada semester genap tahun akademik 2019/2020 dengan sampel berjumlah 120 mahasiswa. Pengambilan sampel acak berdasar area (Cluster Random Sampling). Cluster Random Sampling adalah teknik sampling secara berkelompok. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajarfisika listrik magnet menggunakan Matlab dengan nilai sig sebesar 0,020 dan nilai Pearson Correlation sebesar 0,213 yang artinya bahwa terdapat korelasi dengan yang lemah antara minat belajar dan prestasi belajar fisika listrik magnet menggunakan Matlab.

Full Text:

PDF

References


Erlando Doni Sirait. (2016). Pengaruh Minat Belajar

Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal

Formatif, 6 (1), 35-43.

Hutahaean, Ramses Yohanes. (2018). Pemrogaman

Matlab untuk Mahasiswa. Yogyakarta : Penerbit

Andi.

Rahma wati, dkk. (2017). Pengaruh Minat Belajar

Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Model

Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal

Pembelajaran Fisika, 5(2), 21-32.

Siwi Puji Astuti. (2015). Pengaruh Kemampuan

Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi

Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(1), 68-75.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.4794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNAS RISTEK  indexed by: