Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Android

Nova Ardhiansyah Rahmatullah, Aulia Paramita, Herlinda Herlinda

Abstract


Kemajuan teknologi saat ini mengubah pola hidup manusia salah satunya aspek pendidikan. Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan yang bersifat tradisional ke arah pendidikan yang lebih modern dengan memanfaatkan penggunaan teknologi komputerisasi. Mengingat begitu pentingnya kedudukan Al-Quran dalam kehidupan manusia khususnya umat Islam, maka belajarmembaca, memahami, dan kemudian mengamalkan isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari menjadi sebuah kewajiban. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka penulis berinisiatif untuk membuat media pembelajaran bahasa Arab berbasis Android, yang diperuntukan kepada masyarakat yang beragama Islam khususnya. Dengan dibuatnya media pembelajaran ini, diharapkan para orang tua atausiapapun akan lebih mudah dalam belajar bahasa Arab, karena mereka dapat belajar sambil bermain dan juga pada saat bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan masyarakat khususnya umat Islam dalam belajar bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah grounded research yaitu metode yang berdasarkan fakta dengan tujuan dapat menetapkan konsep, mengembangkan teori, pengumpulan dan analisis data dalam waktu yang bersamaan. Dalam hal ini penulis menarik kesimpulan bahwa hasil yang didapatkan penulis adalah terciptanya sebuah aplikasi pembelajaran bahasa Arab yang berbasis Android.

Full Text:

PDF

References


Maita, I., Zarnelly, Z., & Adawiyah, A. (2018).

Pembelajaran Interatif Bahasa Arab Berbasis

Android. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan

Manajemen Sistem Informasi, 4(2), 123.

https://doi.org/10.24014/rmsi.v4i2.6227

Rivai, M., sani wijaya, I., & Istoningtias, M. (2017).

PERANCANGAN APLIKASI GAME

EDUKASI PENGENALAN BAHASA ARAB

BERBASI ANDROID (Studi Kasus : Sekolah

Dasar Islam Terpadu An-Nahl). Jurnal

Processor; Vol 10 No 1 (2015): Processor,

(1), 427–435. http://ejournal.stikomdb.ac.id/index.php/processor/article/view/95

Rosadi, D., Widyanto, R. A., & Sunarni, S. (2018).

Rancang Bangun Aplikasi Ayo Belajar Bahasa

Arab Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android.

Jurnal Komtika, 2(1), 29–37.

https://doi.org/10.31603/komtika.v2i1.2110

Septian, H., Hidayat, E. W., & Rahmatulloh, A.

(2018). Aplikasi Pengenalan Bahasa Arab dan

Inggris untuk Anak-Anak Berbasis Android.

Jurnal Online Informatika, 2(2), 71.

https://doi.org/10.15575/join.v2i2.100

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Tresnawati, D., & Rizqi, R. F. (2015). Rancang

Bangun Aplikasi Pengenalan Dasar Bahasa

Arab Sebagai Media Pembelajaran Berbasis

Android. Jurnal Algoritma, 14(2), 443–451.

https://doi.org/10.33364/algoritma/v.14-2.443




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.4929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: