Pembangunan Sistem Customer Relationship Management (Crm) Pada Pt. Fazypcare

Ika Rahmah Putri, Wina Witanti, Fajri Rakhmat Umbara

Abstract


PT. FazyPCare merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa service laptop&PC. Saat ini sebagian besar kegiatan pada perusahaan masih menggunakan sistem lama yaitu pelanggan datang langsung ke perusahaan dan menyerahkan laptop/komputer yang akan di service lalu mencatat jadwal servicenya. Pada sistem lama perusahaan tidak dapat melakukan hubungan secara terus-menerus kepada pelanggan. Hal ini menimbulkan masalah dikarenakan pelanggan tidak dapat membantu pemasaran produk yang dimilikiperusahaan, pelanggan tidak terpantau oleh perusahaan dan akhirnya terjadi penurunan penghasilan dari perusahaan karena terjadinya persaingan, dengan munculnya perusahaan – perusahaan serupa yang baru berdiri dengan kualitas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah Customer Relationship Management (CRM) yang berbasis website pada PT. FazyPCare agar dapat menjalin hubungan yang baik dan meningkatkan pelayanannya kepada client. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah Sistem Customer Relationship Management (CRM) berbasis website. Dengan adanya sistem ini PT. FazyPCare dapat menjalin hubungan yang berkelanjutan, menampung keluhan client, dan dapat meningkatkan layanannya kepada client agar tidak kalah bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya.

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, J., Hamdani, D., & Novantara, P.

(2018). Implementasi Customer Relationship

Management (CRM) Pada Penerimaan Siswa

Baru (Studi Kasus di Pondok Pesantren

Darussalam Kabupaten Garut). Nuansa

Informatika, 12(1).

https://doi.org/10.25134/nuansa.v12i1.1346

Carissa, A. (2014). Penerapan Customer

Relationship management (CRM) sebagai

upaya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan

(Studi Kasus pada Bandung Sport Distro

Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1

Universitas Brawijaya, 15(1), 84471.

Fauziah, Agustina, I., & Andryana, S. (2012). Pt

Cordova Garment Untuk Meningkatkan

Loyalitas Pelanggan. 2012(semnasIF), 59–64.

Prastya, I., Hidayatuloh, S., & Hasanati, N. (2017).

Rancang Bangun I-Crm (Interactive Customer

Relationship Management) Untuk Jasa Agen

Perjalanan Wisata (Studi Kasus: Pt Persada

Duta Beliton). Studia Informatika: Jurnal

Sistem Informasi, 10(1), 45–52.

https://doi.org/10.15408/sijsi.v10i1.7750

Rachmawati, A. G., & Suhartuti. (2017). Customer

Relationship Management ( Crm ) Dan

Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan

Klinik Kecantikan Metamorf Sidoarjo. 75–84.

Rahayu Ginanjar, Renaldi Faiza, R. U. F. (2014).

Pembangunan Customer Relationship

Management ( CRM ) pada PT. Sanbe Farma.

–213.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.5049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNAS RISTEK  indexed by: