Penerapan Pembelajaran Membaca Pada Usia Dini Menggunakan Aplikasi Quizizz
Abstract
Cara untuk memudahkan anak belajar lancar membaca adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran. Belajar dengan pemanfaatan teknologi dengan aplikasi Quizizz ini disamping menyenangkan, menantang, dan interaktif akan berkontribusi pada peningkatan kompetensi peserta didik dan kreatifitas pendidik. Anak membutuhkan metode yang menarik dalam belajar membaca. Metode ini dapat dinyatakan berhasil apabila menggunakan media yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan metode ceramah. Metode ini dipilih karena akan efektif dalam Penerapan Pembelajaran Membaca menggunakan Quizizz yaitu dengan memberikan bimbingan dan pengembangan stimulasi membaca siswa menggunakan quizizz. Penggunaan media atau alat pembelajaran akan memberikan variasi dalam proses pembelajaran sehingga anak tidak bosan. Berdasarkan hasil penelitian dengan guru TK Wahyu Bhakti bahwa semua guru memiliki pemahaman yang baik tentang pembelajaran membaca terlihat dari aspek tentang jenis, manfaat, jenis bahan dalam pembuatan media belajar untuk proses pembelajaran sedangkan pemahaman tentang konsep pembelajaran membaca menggunakan Quizizz belumpaham, terlihat juga dengan antusias tenaga pengajar pada penelitian dalam penerapan pembelajaran membaca menggunakan Quizizz, mereka dapat langsung menerapkan dirumah dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar lingkungan rumah mereka. Kata Kunci: Pembelajaran, Membaca, Quizizz
Full Text:
PDFReferences
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media
Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran
Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di
Bengkulu. Jurnal Kependidikan.
Fridani, Lara; Dhieni, N. (2014). Hakikat
Perkembangan Bahasa Anak. Metode
Pengembangan Bahasa.
Miailita., Basyir, M.N., & Abd, D. (2016). Upaya
Guru Bimbingan Konseling dalam mencegah
kejenuhan Belajar siswa di SMP Negeri
Banda Aceh. Jurnal Ilmia Mahasiswa
Bimbingan Dan Konseling.
Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun
multiplayer activity in the accounting
classroom. International Journal of Higher
Education.
https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37
DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.5077
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SEMNAS RISTEK indexed by: