Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif

M. Ardiansyah M. Ardiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pemanfaatan teknologi di era revolusi 4.0 sebagai media pembelajaran yang efektif dan inovasi dari pendidik dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi disekolah. Penelitian ini menggunakan metode kajian kepustakaan yang dituangkan dalam deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa optimalisasi dalam pemanfaatan media pembelajaran, dilakukan dengan memahami situasi dari peserta didik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar dapat terciptanya kondisi pembelajaran yang lebih baik. Media pembelajaran yang berbasis elektronik dan Internet paling relevan meningkatkan minat dan efektivitas dalam sebuah proses pembelajaran. Pengendali dari teknologi itu sendiri adalah pendidik, bukan pendidik yang akan tergantung pada teknologi. Pendidik perlu membuat berbagai macam inovasi pada saat dihadapkan dengan segala bentuk keterbatasan fasilitas maupun kendala teknis lainnya. Pendidik dapat memaksimalkan segala hal yang berkaitan dengan media pembelajaran, termasuk memanfaatkan lingkungan sekitar agar tercipta kondisi pembelajaran yang sangat diperlukan oleh peserta didik. Sehingga nantinya tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.

Full Text:

PDF

References


Adam, steffi dan M. T. . (2015). Pemanfaatan

Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda

Batam. CBIS Journal.

Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis

Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sosial

Budaya ;Media Komunikasi Ilmu-Ilmu SSosial

Dan Budaya.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran dalam

Pendidikan. Bab Ii Kajian Teori.

Azhar, A. (2017). Pemanfaatan media berbasis

lingkungan dan media standar laboratorium

pada pembelajaran dasar-dasar sains di

program studi pendidikan kimia ftk uin arraniry. Lantanida Journal.

https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1887

Falahudin, I. (2017). Pemanfaatan Media

Pembelajaran. In Jurnal Kedokteran

Diponegoro.

Fauziya, D. S. (2014). Pembelajaran Bahasa

Indonesia Berbasis Media Massa dalam

Implementasi Kurikulum 2013. Prosiding

Seminar Nasional Dalam Era Teknologi.

Fitroh Setyo Putro Pribowo. (2017). Analisis

Kemampuan Guru SD Terhadap Teknologi

Informasi dan Komunikasi | Putro Pribowo |

ELSE (Elementary School Education

Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School

Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran Sekolah Dasar .

Hangestiningsih, E., Zulfiati, H. M., & Johan, A. B.

(2015). Pengantar Ilmu Pendidikan. Diktat

Pengantar Ilmu Pendidikan.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.mse

c.2016.03.021

Kadir, A., & Triwahyuni, T. (2014). Pengantar

Teknologi Informasi Edisi Revisi. Andi

Yogyakarta.

https://doi.org/10.13140/2.1.4734.7840

Kunting, B. W., Budiwati, S. D., & Budiawan, R.

(2017). Aplikasi Berbasis Multimedia

Pembelajaran Tentang Bumi Kelas X (Studi

Kasus : SMA Patra Dharma Balikpapan). EProceeding of Applied Science.

Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan

Mengajar, Kompetensi Kepribadian, Dan

Kompetensi Sosial Guru, Terhadap Prestasi

Belajar Siswa Program Studi Administrasi

Perkantoran Di Smk Negeri 1 Purwodadi.

(2015). Dinamika Pendidikan.

https://doi.org/10.15294/dp.v10i1.5092

Pengembangan audio visual sistem sirkulasi darah

yang berpendekatan saintifik. (2015). USEJ -

Unnes Science Education Journal.

https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7938

Rosidi, M. (2019). Pemahaman Konsep Bagian

Tumbuhan Dengan Menggunakan Media

Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Ipa Di Kelas Iii C. Jurnal PGSD.

https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.63-68

Safiah, I. (2017). Kompetensi Guru Dalam

Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis

Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)

Di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP

Unsyiah Volume 2 Nomor 2, 126- 134.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran

(Teori & Praktek KTSP). In Kencana.

Sukardi. (2009). Metodologi penelitian pendidikan:

kompetensi dan praktiknya / Sukardi. In 1.

Pendidikan - Metodologi

Penelitian,Metodologi penelitian pendidikan:

kompetensi dan praktiknya / Sukardi.

https://doi.org/2009

Utomo, S. S. (2018). Guru Di Era Revolusi Industri

0 Susilo. Pendidikan.

Yusrizal. (2016). Survei Penggunaan Teknologi

Informasi dan Komunikasi di Wilayah

Perbatasan. Jurnal Teknologi Informasi Dan

Komunikasi




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.5082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNAS RISTEK  indexed by: