Sistem Aplikasi Penjualan Pada Sinar Sport Dan Musik Berbasis Java

Aldino Budi Wicaksono

Abstract


Perancangan sistem dalam perusahaan maupun sebuah instansi bertujuan untuk mendukung kelancaran dan penyajian data, serta kemajuan dalam menyediakan informasi bagi pihak lain diluar instansi, dan memberikan kemudahan pelayanan kepada konsumen. Sehingga akan mempermudah dan mempercepat proses pelayanan, penyimpanan data, serta penyajian kembali data tersebut. Sinar Sport dan Musik adalah toko yang bergerak di bidang penjualan peralatan olahraga dan peralatan musik, Sistem penjualan saat inipada Sinar Sport dan Musik masih menggunakan pencatatan manual. Hal ini tentu saja menyebabkan data penjualan menjadi kurang optimal, serta sering terjadi selisih antara barang yang masuk dan barang keluar dalam pembuatan laporan dan pencarian data menjadi semakin sulit, serta sistem transaksi penjualan memakan waktu yang lebih lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan perancangan sistem penjualan yang dapat mempermudah dalam pembuatan laporan, menyimpan data yang tersusun dengan baik,dan meminimalisir adanya kesalahan saat terjadinya proses penjualan. Metode penelitian yang digunakan dalam sistem penjualan aplikasi pada Sinar Sport dan Musik berbasis java yaitu Research and Development (R&D) dan pengembangan sistemnya menggunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah sistem yang sudah terkomputerisasi dibangun dengan bahasa pemograman Java Netbeans dengan menggunakan database MySQL. Dengan menggunakan sistem terkomputerisasi memudahkan pemilik toko dan karyawan dalam melakukan pendataan barang, transaksi penjualan, pembuatan laporan, dan mempermudah pemilik toko dalam mengetahui jumlah stok barang

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, M. (2017). Sistem Informasi

Pengolahan Data Pembelian Dan Penjualan

Pada Toko Koloncucu Ternate. IJIS -

Indonesian Journal On Information System,

(1). https://doi.org/10.36549/ijis.v2i1.22

Afifah, I. I. N., & Supriyanta. (2018). Sistem

Informasi Penjualan Busana Pengantin Pada

Tutut Manten Yogyakarta. Journal Speed –

Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi,

(1), 1–6.

Cahyadi, C., & Simarangkir, M. S. H. (2018).

Perancangan Aplikasi Penjualan Retail. 1(2),

–27.

Maezar, A., Aji, B., Riyanto, V., Wijaya, G., &

Rudianto, B. (2018). Rancang Bangun Sistem

Informasi Penjualan Produk Percetakan

Berbasis Web Dengan Pemodelan UML. 8(1),

–61.

Nofriadi. (2015). Java fundamental Dengan

Netbeans 8.0.2. Yogyakarta : DeePublish.

Paul M. Muchinsky. (2012). Rancang Bangun

Sistem Informasi Pembelian pada

CV.Cimanggis Jaya Depok. Psychology

Applied to Work: An Introduction to Industrial

and Organizational Psychology, Tenth Edition

Paul, 53(9), 1689–1699.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Windasari, I. P., Studi, P., Komputer, S., Teknik, F.,

Diponegoro, U., Flow, D., & Diagram, E. R.

(2014). Pengembangan Sistem Informasi

Penjualan dan Pembelian Pada Toko Pc

Tablet. 2(2), 181–186.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.5126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNAS RISTEK  indexed by: