Rancangan Aplikasi Pendataan Pengunjung Taman Wisata Lebah PT. Madu Pramuka
Abstract
Permasalahan pada Taman Wisata Lembah PT. Madu Pramuka terdapat pada tidak akuratnya instansi dalam proses pengolahan data pengunjung sehingga membutuhkan waktu yang lama dan pendataan pengunjung Taman Wisata Lebah masih menggunakan sistem konvensional belum menggunakan sistem komputerisasi. Tujuan merancang aplikasi ini untuk dapat memproses pengolahan data pengujung pada Taman Wisata Lebah PT. Madu Pramuka secara terkomputerisasi sehingga menghasilkan laporan yang tersimpan dengan baik dan memberikan hasil secara
cepat dan akurat. Perangkat aplikasi yang telah dibuat dengan bahasa pemrograman Java NetBeans 8.0.2 dan penyimpanan data pada database MySQL dapat memberikan kelancaran dalam proses menginput dan penyimpanan data-data serta laporan-laporan yang diberikan kepada Pimpinan. Dengan menggunakan metode
pengembangan sistem yaitu Waterfall dalam penelitian ini adalah dengan tahapan-tahapan seperti rekayasa sistem, analisis, desain, coding, testing, dan maintenance. Hasil dari penelitian ini menciptakan rancangan aplikasi pendataan pengunjung yang dapat memudahkan admin untuk memproses pendataan data pengunjung dan
mempermudah dalam hal pencarian data serta penginputan data paket, data pengunjung, data pemesanan dan data pembayaran yang lebih baik dan akurat.
Kata Kunci: Aplikasi, Pendataan, Pengunjung, Desktop
Full Text:
PDFReferences
Gumanti, M., Utami, B. H. S., & Irviani, R. (2020). ETicket:
Aplikasi Efektif Dalam Menghadapi
New Normal Covid-19 Bagi Pengunjung Wisata
Talang Indah Kabupaten Pringsewu. Prosiding
Snitt Poltekba, 4, 93–100. Retrieved from
https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/prosidin
g/article/view/1003
Idola Perdini Putri, Asti Widayanti, Kastaman, Reni
Nuraeni, Irna Yuniar, A. A. (2016).
Implementasi Aplikasi Pencatatan Pengunjung,
Pendapatan dan Informasi Melalui QR Code di
Museum Sri Baduga Bandung. Jurnal Aplikasi
Ipteks Untuk Masyarakat, 10(1), 31–37.
https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v10i1.23
Kurniawan, H., & Tanjung, M. R. (2017). Sistem
Informasi Geografis Objek Wisata Alam di
Provinsi Sumatera Utara Berbasis Mobile
Android Geographic Information System
Object of Natural Tourism in North Sumatra
Province Based Mobile Android. Jurnal Ilmiah
SISFOTENIKA, VII(1), 13–24.
Listiani, D., SUF, S., & Gunawan, W. (2019).
Rancang Bangun Sistem Aplikasi E-Ticket Pada
Museum Nasional Indonesia Berbasis Android.
Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika,
(1), 26.
https://doi.org/10.22441/format.2019.v8.i1/004
Prasojo, M. (2011). Pengantar Sistem Informasi
Manajemen. bandung: CV. Remadja Karya.
Satzinger, J. W., Jackson, R. B., Burd, S. D. (n.d.).
System Analysis and Design in A Changing
World. USA: Cengage Learning.
Solikhin, I., Sobri, M., & Saputra, R. (2018). Sistem
Informasi Pendataan Pengunjung Perpustakaan
(Studi Kasus: SMKN 1 Palembang). Jurnal
Ilmiah Betrik, 9(03), 140–151.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi.
Yogyakarta: Andi.
Tyoso, J. S. P. (2016). Sistem Informasi Manajemen.
Yogyakarta: DeePublish.
DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5689
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SEMNAS RISTEK indexed by: