Perancangan Sistem Informasi Penjualan Kosmetik Untuk Wilayah Pasar Minggu
Abstract
Adapun identifikasi masalah berdasarkan latar belakang yang telah penulis uraikan sebagai berikut, Penyimpanan data stok barang masih menggunakan media kertas yang membutuhkan waktu kurang lebih satu hari untuk melakukan penginputan data stok barang, Proses transaksi penjualan masih manual menggunakan nota bon sehingga memperlambat proses transaksi penjualan terhadap pelanggan serta adanya kesalahan yang terjadi pada saat memperhitungkan harga barang,Pembuatan laporan dilakukan secara manual menggunakan buku besar dan media kertas dan belum terkomputerisasi dengan baik memerlukan waktu setidaknya satu hari. Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan pengelolaan data Toko Kosmetik Wati. Pemrosesan data dipercepat keamanan dan akurasi data terjamin dan sumber daya manusia menjadi lebih efisien Metodologi penelitian yang dilakukan dalam sistem pengolahan data ini adalah metode pengumpulan seperti wawancara dan studi pustaka yang berkaitan dengan permasalahan sistem informasi Karyawan data pelanggan data produk data pemasok dan transaksi dapat dengan mudah mengumpulkan dan menyimpan data dengan tingkat efisiensi dan konsistensi data yang lebih terjamin. Hasil akhir penelitian Mengurangi masalah terdapatnya dalam perhitungan jumlah dan harga barang serta
mengurangi kesalahan pada laporan keuangan sehingga dapat meningkatkan akurasi data.
Kata Kunci : Toko Kosmetik Wati, Java, Netbeans
Full Text:
PDFReferences
Cahyani, L. I., & Syarifah, D. (2020). Peranan
Religiusitas dalam Menjelaskan Intensi
Membeli Kosmetik Berlabel Halal.
INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan
Mental, 5(2), 142.
https://doi.org/10.20473/jpkm.v5i22020
.142-149
Frieyadie, & Fatayat, U. (2019). Penggunaan
Model Waterfall Dalam Perancangan
Aplikasi Penjualan Kosmetik Berbasis
Web. Jurnal Riset Informatika, 1(4),
–166.
http://ejournal.kresnamediapublisher.co
m/index.php/jri/article/view/84
Hambalah, F. (2021). Strategi Pemasaran
Inovatif Perusahaan Kosmetik Di
Tengah Pandemi Covid-19 Di
Indonesia. Jurnal Analitika Bisnis,
Ekonomi, Sosial Dan …, 1, 189–198.
http://jabeistik.upnjatim.ac.id/index.php
/jabeistik/article/view/22
Ibeng. (2018). Pengertian Entity Relationship
Diagram (ERD). In
Www.Pendidikanku.Org: Vol. xii (Issue
.
Putri, A. (2015). Perkembangan Penggunaan
Produk Kosmetik Di Indonesia Amelia
Putri Fakultas Bisnis dan Ekonomika
Universitas Surabaya. Fakultas Bisnis
Universitas Surabaya, 59–64.
Sa, H., Abdassah, M., & Yohana Chaerunisaa,
A. (2019). Aplikasi Kaolin dalam
Farmasi dan Kosmetik Kaolin
Application in Pharmaceuticals and
Cosmetics. Pharmaceutical Journal of
Indonesia, 16(02), 334–346.
Saftiana, Y. (2014). Analisis Hubungan Rasio
Konsentrasi , Intensitas Iklan, Dan
Profitabilitas Industri Kosmetik Di
Indonesia. Jurnal Manajemen Dan
Bisnis Sriwijaya, 12(4), 243–258.
https://doi.org/10.29259/jmbs.v12i4.31
Soufitri, F. (2019). Perancangan Data Flow
Diagram Untuk Sistem Informasi
Sekolah (Studi Kasus Pada Smp Plus
Terpadu). Ready Star, 2(1), 240–246.
Tiara Putri, L., Syukri, Y., & Werdyani, S.
(2021). Aplikasi Gold Nanopartikel
dengan Bahan Alam sebagai Kosmetik
Pemutih Wajah: Tinjauan Sistematis.
Jurnal Sains Farmasi & Klinis, 8(2),
https://doi.org/10.25077/jsfk.8.2.116-
2021
Wijaya, K. M. (2016). Pengertian CD
(Context Diagram) dan DFD (Data Flow
Diagram). Bianglala Informatika,
viii(21).
DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5757
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SEMNAS RISTEK indexed by: