KOMPARASI PENGGUNAAN ZOOM VS VIDEO TUTORIAL PADA MATAKULIAH KOMPUTASI NUMERIK

Eva Safaah, Wahyuddin Wahyuddin

Abstract


Lembaga pendidikan mengalami kesulitan untuk menyelenggarakan pendidikan secara daring di era covid- 19. Kesulitan dalam pemyelenggaraan pendidikan secara online disebabkan belum adanya sarana dan prasarana yang memadai untuk mengatasi masalah tersebut. Kegiatan penelitian dilakukan untuk mengetahui minat mahasiswa/i terhadap media pembelajaran menggunakan zoom conference atau menggunakan media video tutorial terhadap mahasiswa prodi informatikan di Universitas Serang Raya. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menyebar angket (kuisioner) pada 112 responden yaitu mahasiswa/i Fakultas Teknologi Informasi yang di ambil secara random sebanyak 6 kelas khusus prodi teknik informatika. Metode penelitian dilakukan secara daring dengan menyebarkan kuisioner secara online melalui WhatsApp. Hasil yang diperoleh seletah dilakukan penelitian, sistem pembelajaran daring yang paling efektif untuk mahasiswa prodi informatika di Fakultas Teknologi Informasi diantara penggunaan platform zoom dan Vidio Tutorial adalah sebanyak 87.5% dan sebanyak 12.5% mahasiswa lebih memilih melaksanakan pembelajaran online menggunakan zoom. Kata Kunci: e-learning, zoom, video tutorial, komputasi numerik.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, L. A., & Darma, U. B. (2020).

Online Learning Menggunakan Zoom

Teleconference.

Ahmadi, Abu. (2009). Psikologi Sosial.

Jakarta: Rineka Cipta.

Arnesti, N., & Hamid, A. (2015).

Penggunaan Media Pembelajaran Online

– Offline Dan Komunikasi Interpersonal

Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris.Jurnal Teknologi Informasi &

Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1).

https://doi.org/10.24114/

jtikp.v2i1.3284.

Asmuni, A. (2020). Problematika

Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Covid-19 dan Solusi Pemecahannya.

Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.

https://doi.org/https://doi.org/10.33394/j

p.v7i4.2941.

Bimo, Walgito. (2010). Pengantar Psikolog

Umum. Yogyakarta: C.V Andi.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta:

Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi

Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gerlach, S. Vernon,1980, Teaching and

Media, New Jersey, Prentice- Hall.,Inc.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning

sebagai media pembelajaran (studi

evaluasi model pembelajaran e-learning

SMK Telkom Sandhy Putra

Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi,

(1), 90–102.

https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning

sebagai Media Pembelajaran. Jurnal

Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H.,

& Paujiah, E. (2020). Pembelajaran

Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada

Calon Guru : Hambatan, Solusi dan

Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN

Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10.

http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Kemdikbud RI. (2020). Edaran Tentang

Pencegahan Wabah COVID-19 di

Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh

Indonesia.

Kementerian Dalam Negeri. (2020).

Pedoman Umum Menghadapi Pandemi

COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah. 1–

https://doi.org/10.1017/

CBO9781107415324.004.

Kementerian Kesehatan. (2020). Pedoman

Pencegahan dan Pengendalian

Coronavirus Disease (COVID-19). 3, 1–

Maudiarti, Santi. (2018). Penerapan ELearning

di Perguruan Tinggi.

Perspektif Ilmu Pendidikan, 32 (1), 53-

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom,

Google Classroom, Dan Whatsapp

Group Dalam Mendukung Pembelajaran

Daring (Online) Pada Mata Kuliah

Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus

Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan

Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi

dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara

Public, 4(2), 155–165.

Nugroho, A. (2012). Pengembangan Model

Pembelajaran. Jurnal Transformatika, 9,

No 2, 29–44.

Pangondian, R. A., Paulus, S. I., & Nugroho,

E. (2019). Faktor - Faktor Yang

Mempengaruhi Kesuksesan

Pembelajaran Daring Dalam Revolusi

Industri 4.0. Seminar Nasional

Teknologi Komputer & Sains

(SAINTEKS), 56–60. https://seminarid.

com/semnas-sainteks2019.html

Sandiwarno, S. (2016). Perancangan Model

E-Learning Berbasis Collaborative

Video Conference Learning Guna

Mendapatkan Hasil Pembelajaran yang

Efektif dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO,

(2), 191.

https://doi.org/10.22441/fifo.v8i2.1314

Silahuddin, S. (2015). Penerapan E-Learning

dalam Inovasi Pendidikan. CIRCUIT:

Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik

Elektro, 1(1), 48–59.

https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.310.

Slameto. (2010). Belajar dan FaktorFaktor

yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.

Wibawanto, T. (2020). Pemanfaatan Video

Conference Dalam Pembelajaran Tatap

Muka Jarak Jauh Dalam Rangka Belajar

Dari Rumah.

Windhiyana Pratiwi, E. (2020). Dampak

Covid-19 Terhadap Kegiatan

Pembelajaran Online Di Sebuah

Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia.

Perspektif Ilmu Pendidikan. Volume 34

Issue 1 April 2020. p-ISSN: 1411-5255.

e-ISSN: 2581-2297. DOI:

doi.org/10.21009/PIP.341.1

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/202

-213-

/penggunainternet-kala-wfhcorona-

meningkat-40-persen-di-ri




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNAS RISTEK  indexed by: