PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKTIVITAS WORKSHOP DI PT. SIGNIFY COMMERCIAL INDONESIA
Abstract
Sistem informasi dan teknologi komputer saat ini berkembang sangat cepat karena teknologi dapat membuat pekerjaan menjadi lebih bertepat guna terutama untuk pendataan. Pendataan aktivitas disebuah workshop membutuhkan manajemen yang baik seperti yang dibutuhkan oleh PT. Signify Commercial Indonesia. Pengolahan data aktivitas di workshop masih menggunakan cara menuliskan manual yang menyebabkan lambatnya pengolahan data yang tidak terstruktur dengan baik. Hal tesebut mempengaruhi kecepatan pekerjaan yang dilakukan sehingga pelanggan tidak merasa senang karena menunggu terlalu lama. Permasalahan kelambatan dan akurasi data dapat diatasi dengan melakukan perancangan sistem informasi pengelolaan data aktivitas workshop menggunakan pemrograman java dan penyimpanan data MySql. Perangkat lunak dibuat bertujuan untuk memudahkan proses sistem pendataan menjadi terkomputerisasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode grounded (grounded research) dan metode pengembangan sistem waterfall. Hasil dari penelitian adalah untuk mempermudah proses pendataan. Sistem yang ada pada aplikasi aktivitas workshop menjadi data terkomputerisasi, rapih dalam hal penyimpanan data, laporan menjadi efektif dan pelanggan menjadi senang dengan pelayanan yang diberikan.
Kata Kunci: Sistem Informasi, Aktivitas Workshop, MySQL
Full Text:
PDFReferences
Amelia, & Devitra, J. (2018). Analisis dan
Perancangan Sistem Informasi
Manajemen Persediaan Barang pada
Advan Service Center Jambi. Jurnal
Manajemen Sistem Informasi, 3(1).
Deni Rohnadi. (2019). Perancangan Sistem
Informasi Menejemen Bengkel Di Gama
Auto Service. Universitas Islam
Indonesia.
Dwi Pratiwi, A. (2020). Perancangan Aplikasi
Inventory Barang pada PT Kartika
Graha Indonesia Berbasis Java
Netbeans. Jurnal Riset Dan Aplikasi
Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(03).
https://doi.org/10.30998/jrami.v1i03.35
Hidayat, A. (2017). Metode Penelitian:
Pengertian, Tujuan, Jenis - Uji Statistik.
In Www.Statistikian.Com.
Ibeng. (2018). Pengertian Entity Relationship
Diagram (ERD). In
Www.Pendidikanku.Org: Vol. xii (Issue
.
Mulyani, P. D. S. (2014). Pengertian Erd. In
Marlinda (Vol. 2, Issue 2).
Saifuddin, A. (2010). Metode Penelitia.
Metode Penelitian.
Widjoyo, S. (2014). Pengaruh Kualitas
Layanan dan Kualitas Produk Terhadap
Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas
Konsumen Restoran Happy Garden
Surabaya. Jurnal Manajemen
Pemasaran, 2(1).
Ysh, S. (2012). Pengembangan Sistem
Pembelajaran. Akprind.
Zeithaml, V.A., Bitner, M.J., Gremler, D. D.
(2009). Service marketing (5th ed.). The
McGraw-Hill Companies, Inc.
DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5859
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SEMNAS RISTEK indexed by: