Guided Discovery Learning berbasis APOS: Alternatif Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Berpikir Reflektif Matematis

Andri Suryana, Arfatin Nurrahmah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan mahasiswa yang telah memperoleh Guided Discovery Learning berbasis APOS dan Direct Learning dalam menyelesaikan soal berpikir reflektif matematis pada Mata Kuliah Pengantar Teori Peluang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang mengambil Mata Kuliah Pengantar Teori Peluang di salah satu PTS di Jakarta Timur. Teknik sampling yang digunakan berupa purposive sampling sedangkan instrumen yang digunakan adalah dokumen (hasil tes kemampuan awal matematis dan kemampuan berpikir reflektif matematis mahasiswa), lembar observasi, pedoman wawancara, dan peneliti. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik triangulasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa masih mengalami kesulitan, baik secara keseluruhan maupun berdasarkan level kemampuan awal matematis, dalam menyelesaikan soal berpikir reflektif matematis pada kedua pembelajaran. Namun, mahasiswa yang telah memperoleh Guided Discovery Learning berbasis APOS mengalami kesulitan yang lebih rendah daripada mahasiswa yang telah memperoleh Direct Learning. Adapun kesulitan paling banyak yang dialami mahasiswa pada kedua pembelajaran terletak pada indikator ‘menganalogi dari beberapa masalah matematika yang serupa disertai alasan’ dan ‘menyusun bentuk umum terkait proses matematika disertai alasan’

Full Text:

PDF

References


Herlina, E. (2015). Advanced mathematical thinking and the way to enhance it. Journal of Education and Practice, 6 (5): 79-88.

Isnarto, et al. (2014). Student’s proof ability: Exploratory studies of abstract algebra course. International Journal of Education dan Research, 2 (6): 215-228.

Lestari, R.B., dkk. (2019). Penerapan pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMA ditinjau dari tahap perkembangan kognitif. Prima, 3 (2): 134-145.

Nindiasari, H., dkk. (2014). Pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMA. Edusentris, 1 (1): 80-90.

Nuriana, K., dkk. (2018). Kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas VII ditinjau dari gaya kognitif pada model pembelajaran PBL. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika (p. 177-188).

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (2013). Pembelajaran matematika. In Suryadi, D., Turmudi, and Nurlaelah, E. (Editor). Kumpulan makalah: Berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya, Vol 1, 122-146. Bandung: FPMIPA-UPI Press.

Suryadi, D. (2012). Membangun budaya baru dalam berpikir matematika. Bandung: Rizqi Press.

Suryana, A. (2016). Meningkatkan advanced mathematical thinking dan self-renewal capacity mahasiswa melalui pembelajaran model PACE. Published Dissertation. Bandung: UPI.

................... (2019). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal advanced mathematical thinking pada mata kuliah pengantar teori peluang. SIMPONI: Prosiding Simposium Nasional Ilmiah (p. 178-186). DOI: 10.30998/simponi.v0i0.491


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License