Pengaruh Model Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional

Popi Purwanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini antara lain : 1) untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran STAD dengan menggunakan media dan STAD tanpa menggunakan media terhadap hasil belajar fisika; 2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar fisika; 3) pengaruh interaksi model pembelajaran STAD dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar fisika di SMK Negeri di Kabupaten Tasikamalaya. Populasi sebanyak 330 siswa dengan sampel 100 siswa. Instrumen adalah tes khusus kepada sampel berupa angket kecerdasan emosional dan tes tulis hasil belajar fisika. Analisis data terdiri dari pengujian instrumen kecerdasan emosional terdiri dari uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan instrumen hasil belajar fisika terdiri dari analisis tingkat kesukaran, validitas, reliabilitas, dan daya pembeda. Selanjutnya uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran STAD dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar fisika di SMK Negeri Kabupaten Tasikmalaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fh= 33,48 dan nilai sig 0,000 < 0,05; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar fisika di SMK Negeri Kabupaten Tasikmalaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fh= 38,045 dan nilai sig 0,000 < 0,05; 3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan model pembelajaran STAD terhadap hasil belaj ar fisika di SMK Negeri Kabupaten Tasikmalaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fh= 8,104 dan nilai sig 0,005 < 0,05. Uji lanjut dengan menggunakan UjiTukey. Dapat dilakukan dengan model pembelajaran STAD berbantuan media untuk peningkatan kecerdasan emosional dan hasil belajar fisika siswa tingkat sekolah menegah kejuruan.

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstektual: Konsep, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI), Cetakan Pertama. Jakarta: Prenamedia Grup.

Budiningsih, C.A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Goleman, D. (2005). Emitional Intelligence (terjemahan). Jakata : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kanginan, M. (2004). Buku Pelajaran Fisika SMA. Jakarta: Erlangga.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Salvin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik,

Bandung : Nusa Media.

Saphiro, L. E. (2002). Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak.. Jakarta : Gramedia.

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar Eva.lusi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta:

Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinsasi. Bandung : Alfabeta

Supardi, (2012). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistika yang Paling Komperehensif. Jakarta: Prima Ufuk Semesta.

Uno, H. dan Masri K.U. (2010). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License