Komunikasi Matematika Dilihat Dari Model Pembelajaran Reflektif Berbasis Matematika Realistik

Novi Marliani, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematika yang dapat dilihat dari model pembelajaran reflektif berbasis matematika realistik. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan telaah pustaka atau studi pustaka. Dalam pembelajaran matematika pada umumnya kebanyakan peserta didik masih bingung memahami soal yang ada pada soal sehingga akan mengalami kesulitan dalam menyatakan ke dalam bentuk matematis dan pembelajaran yang diterapkan kurang membangun kemampuan komunikasi matematika peserta didik. Sehingga komunikasi guru dan peserta didik masih cenderung searah dan pembelajaran matematika selama ini masih kurang memberikan perhatian terhadap pengembangan kemampuan ini sehingga Konsekuensinya penguasaan kompetensi ini bagi peserta didik masih rendah.  Komunikasi matematika memberikan pengaruh positif  terhadap peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran reflektif berbasis matematika realistik yang mana lebih mendorong perkembangan kognitif yang berpusat pada pengalaman pribadi peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Nur. (2015). Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematika Untuk Siswa SMP.Research and Development Journal Of Education, 2(1):29-40.

Alisah, Evawati & Eko P. Dharmawan. (2000). Filsafat Dunia Matematika, Pengantar untuk Memahami Konsep-konsep Matematika. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ansari, Bansu I. (2009). Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Pena.

Arifin, Zainul., dkk. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII-C SMP Nuris Jember. JURNAL EDUKASI UNEJ, 3(2):9-12.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Keritis dan Komunikasi Mtaematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, Edisi Khusus No.1:76-89.

Fitrah , M. (2016) . Model pembelajaran matematika sekolah (Kajian prespektif berdasarkan hasil teori dan

penelitian). Jogyakarta : deepublish

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1):9-18.

Lestari, Indah. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2):115-125.

Murdani dkk. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Penalaran Geometri Spasial Siswa di SMP Negeri Arun Lhokseumawe. Jurnal Peluang Volume 1 No. 2 April 2013, Issn 2302-5158.

Pitriani, Eriska., dkk. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reflektif di SMA. JJPM, 12(1):142-155.

Rohana & Ningsih, Yunika Lestari. (2016). Model Pembelajaran Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru. JPPM, 9(2):145-158.

Rohana. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru melaui Pembelajaran Reflektif. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1): 13-30.

Romauli, mika. (2013). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Barlind School Medan (Jurnal Tematik, volume : 003/No.12/DIKSAS)

Siregar, Nani Restati. (2017). Persepsi Siswa pada Pembelajaran Matematika Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. Semarang.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Wardani, Aguatina Sri & Nur Izzati. (2017). Menumbuhkan Kembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Media Gonggong. JURNAL KIPRAH, 5(2):50-60.

Yuniarti, Yeni. (2014). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Eduhumaniora, 6(2):109-114.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License