Metode Guide Noted Taking Dalam Pembelajaran Matematika Materi Vektor Di Kelas XI SMK X

Rahmawati Yuliyani, Muhammad Firdaus, Tuty Kurniawaty Saragih

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Guided Noted Taking  dalam pembelajaran  matematika  materi vektor dikelas XI SMK X. Subyek penelitian diambil dari 3 kelas yang berbeda, yaitu sebagai kelas uji coba, kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis independent t test. Hasil dari penelitian ini adalah 93,75% dari siswa kelas eksperimen tuntas belajar. Signifikansi dari uji normalitas masing-masing kelas adalah  0,200 artinya data berdistribusi normal. Dari uji lavene’s didapat signifikansi 0,708 berarti kedua data homogen. Dan dari  hasil pengujian nilai t  signifikansinya adalah 0,018, kesimpulannya ada perbedaan nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis deskriptif terlihat bahwa mean kelas eksperimen (82.6875) lebih tinggi daripada kelas kontrol (67.8750), untuk varians dan range kelas eksperimen adalah 203.696 dan 40.00 sedangkan pada kelas kontrol adalah 274.250  dan 60.00 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dikelas eksperimen atau pembelajaran dengan metode  Guided Noted Taking adalah lebih efektif dibandingkan pembelajaran dikelas kontrol

Full Text:

PDF

References


Al Tabany, Trianto Ibnu Badar, 2014. “ Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Konstektual”, Prenadamedia Group, Jakarta

Budiyono, 2013, “Statistika untuk Penelitian”, UNS Press, Solo

Christianti,Sudarmin dan T. Subroto,2012. “Model Pembelajaran Guided Note Taking Berbantuan Media Chemo-Edutainment Pada Materi Pokok Koloid”, jurnal unnes semarang, vol.1 no.1, 2012 (online) https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2009

Dahar, Prof.Dr. Ratna Wilis,1988. “Teori-Teori Belajar”, Depdikbud, Jakarta

Ghony, Prof.Dr.H.M. Djunaidi dan Almanshur, F, S.T., M.Si, 2009. “Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, UIN Malang Press, Malang

Hakim, Andri. 2010. “Hypnosis in Teaching, Cara dahsyat Mendidik dan Mengajar, Visimedia, Jakarta

Jaya, Novian Triwidia. 2010. “Hypno Teaching, bukan sekedar mengajar”, D Brain, Bekasi

N Annisah, H Suhendri, 2016. “ Pengaruh Metode Guide Note Taking Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Prosiding Semnas Pen.Matematika -2 pp. 282-287. 2016

Priyatno, D. 2012. “Belajar cepat Olah Data Statistik dengan SPSS”, ANDI Yogykarta

Sugiyono, Prof. Dr. 2010, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, Alfabet, Bandung

Sukardi, Prof.,Ph.d 2004, “Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya”, Bumi Aksara, Jakarta

Sunarto,Prof. Dr. M.Sc, 2001, “Metodologi Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial & Pendidikan”. Unesa University Press, Surabaya.

Wibisono, Yusuf. 2009.”Metode Statistik”. UGM UNIVERSITY PRESS, Jogjakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License