Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0

Farah Indrawati

Abstract


Rendahnya kemampuan literasi matematika peserta didik di Indonesia melatar-belakangi dilakukannya kajian pustaka ini. Kajian pustaka yang bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik di era revolusi industri 4.0, disusun menurut kajian pustaka tematik, yang hanya mengidentifikasi dan mengutip literatur secara singkat. Hasil dari kajian pustaka adalah pendidik dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik dengan mengintegrasikan media pembelajaran online ke dalam pembelajaran menggunakan komputer, laptop atau smartphone. Kreativitas dan penguasaan aplikasi teknologi pendidik dalam inovasi pembelajaran sangat dibutuhkan disini untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang selanjutnya akan meningkatkan mutu peserta didik. Kesimpulan dari kajian pustaka ini adalah kemampuan literasi matematika peserta didik di era revolusi industri 4.0 dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan, mengingat kemampuan literasi matematika mempunyai kontribusi yang sangat besar dan penting dalam kehidupan sehari-hari. 

Full Text:

PDF

References


Amariana, Ainin. (2012). Keterlibatan Orang-tua dalam Perkembangan Literasi Anak Usia Dini. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tidak diterbitkan.

Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Budaya, 12(1), 127-150.

Anggresta, V. (2019). Literasi Manusia untuk Menyiapkan Mahasiswa yang Kompetitif di Era Industri 4.0. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 217-222.

Aziz A. G, & Acep Suherman. (2019). Inovasi Teknologi terhadap Matematika, Hadapi Era 4. 0. https://www.kompasiana.com/ama/5d3a6d55097f362a6304cd62/inovasi-teknologi-terhadap-matematika-hadapi-era-4-0

Damayantie, A. R. (2018). Literasi dari Era ke Era. Pascasarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal UPGRIS.

Devianty, R. (2019). Manfaat Literasi untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. Jurnal UINSU.

Helaluddin. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. PENDAIS, 1(1), 44-55.

Hobbs, R. (2017). Create to Learn : Introduction to Digital Literacy. John Wiley and Sons, Inc. Publisher

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. JUPENDAS, ISSN 2355-3650, 2(2).

Musthafa, B. (2014). Literasi Dini dan Literasi Remaja: Teori, Konsep, dan Praktik. Bandung : CREST.

Nasution, S., H. (2018). Pentingnya Literasi Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. JKPM, 2(1)

Nurdiyanti, dkk. (2010). Pembelajaran Literasi mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Paedagogia, 13(2), 115-128.

Puspita, R. M. (2019). Tantangan Pembelajaran Matematika dengan Metode Step by Step Siswa SD di Era Revolusi Industri 4.0. https://scholae.co/web/read/2320/tantangan.pembelajaran.matematika.dengan.metode.st

Rachmawati, N., I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, 1, 381-387.

Seftiawan, D. (2019). Hasil Penelitian Kemendikbud, Kemampuan Literasi Siswa Indonesia Membaik. Pikiran Rakyat. https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01310964/hasil-penelitian-kemendikbud-kemampuan-literasi-siswa-indonesia-membaik

Wardhani, V. (2020). Apa itu Literasi? Simak 3 Pengertiannya menurut Institusi Dunia. Merdeka.com. https://www.merdeka.com/jatim/apa-itu-literasi-simak-3-pengertiannya-menurut-institusi-dunia-kln.html

Wardono, W., & Kurniasih, A. W. (2015). Peningkatan Literasi Matematika Mahasiswa melalui Pembelajaran Inovatif E-Learning Edmodo Bermuatan Karakter Cerdas Kreatif Mandiri. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 6(1), 95-102.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License