Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Mata Kuliah Teori Bilangan

Leny Hartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan dan faktor-faktor penyebab kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menyelesaikan soal pada mata kuliah teori bilangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Indraprasta PGRI dengan subyek mahasiswa program studi pendidikan matematika semester 3 kelas reguler yang berjumlah 29 mahasiswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan  wawancara. Instrumen penelitian adalah peneliti, lembar tes dan lembar pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia, melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam (1) memahami dan menggunakan konsep kongruensi dan aplikasi kongruen, (2) menerapkan definisi, sifat dan teorema dalam pembuktian matematis, dan (3) mengkonversi bilangan basis dan operasi hitung bilangan basis. Faktor yang mempengaruhi kesulitan mahasiswa yaitu konsep, definisi, teorema, sifat yang sulit di pahami dan diaplikasikan dalam memecahkan masalah; faktor kebiasaan dalam belajar yang di dominasi oleh dosen dan mahasiswa tidak terbiasa dalam mengerjakan soal pembuktian matematis. 


Full Text:

PDF

References


Amir, M. F. (2017). Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Open Ended Materi Nilai Mutlak. Mercumatika, 2(2): 55–65.

Dewi, dkk. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Liner Dua Variabel Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Dan Gender. Kadikma. 10(1): 56-67

Huljannah, M. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Identitas Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson di Kelas X SMA Al-Azhar Palu. Pendidik. Mat. Univ. Tadulako. 4(2): 164-176.

Mujayanti, N. 2011. Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson dalam Menyelesaikan Permasalahan Statistika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Genteng. Jember.: Universitas Jember.

Paskalis, Y. W. (2008). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII D dan VII E SMPK Maria Fatima Jember dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Semester Ganjil Tahun Ajaran 2007/2008. Jember: Universitas Jember

R. A. Permatasari, dkk. (2014). Analisis Kesalahan Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson dalam Menyelesaikan Permasalahan Perkalian dan Pembagian Pecahan Siswa Kelas V SDN Tegal Gede 01 Error Analysis Based On Categories Of Error According To Watson In Solving Fractional Multipl. Artikel Ilmiah Mahasiswa. 1(1): 1–5.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sukardi. 2008. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara : Jakarta

Taufik, Azin. 2016. Diagnosis Kesulitan Mahasiswa Di Universitas Kuningan Dalam Pembuktian Menggunakan Induksi Matematika Beserta Upaya Mengatasinya Menggunakan Scaffolding. JES-MAT. 2(1): 41-54


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License