Pengaruh Metode E-Learning Menggunakan Cisco Webex terhadap Pendidikan BioPreneur di SMA Bakti Idhata

Subhan Harie, Nur Rizkiyah, Dwi Narsih

Abstract


Metode ceramah banyak digunakan pendidik karena dirasa lebih praktis tanpa menggunakan peralatan yang rumit. Namun perkembangan zaman dan teknologi, pendidik harus mampu menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tuntutan teknologi. Peneliti ingin memperkenalkan metode e-learning dalam hal ini menggunakan aplikasi cisco webex di SMA Bakti Idata pada pelajaran BioPreneur. Dengan penelitian ini diharapkan pendidik khususnya guru kewirausaan dapat mengaplikasikan metode pembelajaran dengan aplikasi Cisco Webex Meeting. Penelitian dengan true experimental dengan randomized pretest and posttest control group design. Data yang diambil adalah data primer. populasi adalah peserta didik kelas X SMA Bakti Idhata tahun ajaran 2019/2020. Responden ini adalah 54 peserta didik yang terdiri dari 2 kelas, yakni kelas A dan B. Setelah dilakukan penelitian terkait penerapan metode e-learning menggunakan aplikaasi cisco webex terhadap hasil belajar kewirausaan materi Biopreneur pada peserta didik kelas X SMA Bakti Idhata Jakarta Selatan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara metode e-learning aplikasi Cisco Webex terhadap Pelajaran BioPreneur Tanaman Hias. Hasil belajar peserta didik kelas XA lebih baik jika dibanding dengan kelas XB yang tidak menggunakan aplikasi cisco webex (metode pembelajaran konvensional). Rerata hasil penguasaan konsep pelajaran BioPreneur lebih tinggi daripada sebelum diberi perlakuan metode e-learning aplikasi Cisco Webex Meeting. Hal ini dapat terlihat dari Nilai mean sebesar 76,2; nilai median 74,9; sedangkan modus 75,9 dengan simpangan baku sebesar 50,1. Sementara pada kelompok kontrol (metode konvensional) rerata nilai mean sebesar 48,7; median 57,6; dan modus 59,1; dengan simpangan baku 28,30. Hal ini menunjukkan bahwa metode e-learning menggunakan aplikasi cisco webex memiliki nilai rata-rata yang lenih tinggi daripada kelompok kontrol (metode konvensional).


Full Text:

PDF

References


Akbar, Sadun. 2013. Instrumen Perangakat Pembelajaran, Bandung: Roadakarya.

Amien, Mohamad dan Syah, Muhibbin. 2005. Model Pembelajaran. Surabaya: Usaha Nasional.

Arikunto, S.2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Asikin, Mohamad. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Dewanto dan Sudjana. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Roadakarya.

Djamarah. 2004. Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ernawati. 2006. Biologi Teks Utama. Jakarta: Widya Utama.

Fathurrohman dan Sutiko. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Harie, Subhan. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritik Biologi. Jurnal Formatif 5(3): 257-267, 2015 ISSN: 2088-351X

Hasiholan, Leonardo Budi. 2019. Diversifikiasi Olahan Berorientasi B2SA Pada Pengembangan Kewirausahaan di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Demak. Jurnal Inspiratif Vol.4 No.7 Januari 2019.

Imanuel. 2011.Biologi Umum. Bandung: Ganesa

Ibrahim. 2011. Media Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kardi dan Nur. 2011. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Kusharyanti, Indah. 2009. Penerapan Model Kooperatif Jigsaw Reverse Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dalam Pembelajaran Akutansi. Jakarta: Universitas Negri Jakarta.

Miarso, Yusuf Hadi dkk. 2006. Definisi Teknologi Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.

Pratiwi, dkk. 2006. Biologi SMA Untuk kelas XI. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Rachmadi. 2004. Model-Model Pembelajaran Di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: PT Reja Grafino Persada.

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru dan Karyawan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sebastian. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Reverse Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jakarta: Universitas Islam 45.

Skinner. 2003. Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Subagiyo. E. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Semarang: UNNES

Sudjana. 2008. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suharsini 2009. Metode Biostatistik. Yogyakarta: Persada

Sudjana, Nana. 2004. Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo.

Sugiono. 2007.Statistik Untuk Peneliti. Bandung: Alfabeta

Sundowo, Harminto. 2004. Biologi Umum. Jakarta: Universitas Terbuka.

Supardi. 2012. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: PT. Ufuk Publishing House

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surya, Hendra. 2009. Menjadi Manusia Pembelajar. Penerbit Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Suryana, A. 2011. Diklat Kuliah: Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Program Sarjana UNINDRA.

Suryati. 2011. Metode Belajar Kilat Biologi. Jakarta: PT. Buku Kita.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukajiyah. (2009). “Mengenal Dunia Tumbuhan (Kingdom Plantae)”. http://gambar-hewan.info/kingdom-plantae-examples-with-name/ Diakses Tanggal 16 February 2012.

Trianto. 2007. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wardawati, Yeni. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Reverse Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi. Jakarta: Universitas Negri Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License