Pengaruh Kemampuan Awal dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis

Kurniati Cahyani, Aulia Masruroh

Abstract


Penelitian yang dilaksanakan di SMPN 212 Jakarta ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kemampuan awal dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi matematis; (2) Pengaruh kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi matematis; dan (3) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi matematis. Metode penelitian dengan metode survey ini menetapkan populasi target yaitu seluruh peserta didik yang terdaftar di SMPN 212 Jakarta tahun ajaran 2018/2019. Adapun populasi terjangkau dalam penelitian ini terbatas hanya peserta didik kelas VIII. Pengambilan sampel berdasar pada populasi terjangkau dengan teknik pengambilan sampel berupa simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal bentuk uraian sebanyak 8 butir untuk variabel kemampuan awal dan kemampuan komunikasi matematis, dan berupa soal bentuk angket sebanyak 24 butir untuk variabel kecerdasan emosional yang sudah divalidasi secara empiris. Uji persyaratan analisis data yang digunakan berupa uji normalitas dan uji linearitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua kelompok data berdistribusi normal dan linear. Teknik uji hipotesis penelitian yang digunakan adalah korelasi ganda dan regresi ganda. Uji regresi ganda dengan uji F dan pengujian hipotesis parsial dengan uji T. berdasarkan hasil pengujian hipotesis, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara kemampuan awal dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi matematis; (2) Terdapat pengaruh antara kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi matematis; dan (3) Terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi matematis.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Siwi Puji. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif. V(1): 68-75.

Gusniwati, Mira. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif. V(1): 26-41.

Hendriana, Heris dan Utari Soemarmo. (2016). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Hevriansyah, Prana dan Priarti Megawanti. (2016). Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM. II(1): 37-44.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Lampiran III. Jakarta: Kemendikbud.

Kurniawan, Robert dan Budi Yuniarto. (2018). Analisis Regresi (Dasar dan Penerapannya Dengan R). Depok: Prenadamedia Group.

Lestari, Witri. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa. III(1): 76-84.

Nurmantoro, Muh. Aripin. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal, Kecerdasan Emosi dan Motivasi

Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Diskusi Panel

Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar” Keluarga Alumni Universitas Indraprasta PGRI,

Jakarta: 8 April 2017. Hal. 1-11.

Salahuddin, Iqlima. (2018). Pengaruh Kemampuan Awal, Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JurnalPenelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. I(2): 144-155.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistianingsih, Putri. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. JKPM. II(1): 129-139.

Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Wardhani, Anindya Dwi, dkk. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan

Kecerdasan Emosional. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (1st

SENATIK) Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI-Universitas PGRI, Semarang:

Agustus 2016. Hal. 223-229.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License