Analisis Kebutuhan Guru Terhadap Pengembangan Modul Virtual Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing

Rifqi Pratama, Mashudi Alamsyah

Abstract


Kurikulum 2013 menekankan peserta didik untuk lebih aktif dalam proses belajar mengajar didalam kelas, maka dibutuhkan bahan ajar yang mampu membantu  peserta didik untuk melakukan  belajar secara mandiri, yaitu dengan mengembangkan bahan ajar berupa modul virtual  kimia yang berbasis model belajar inkuiri terbimbing. Tujuan dari peneitian ini adalah untuk  mendeskripsikan kebutuhan guru terhadap pengembangan modul virtual kimia dengan basis model  belajar  inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitannya adalah guru kimia di sekolah menengah atas (SMA) di daerah Lombok Timur, NTB. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran angket kepada enam orang guru dari tiga sekolah yang dijadikan  sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembaangan modul virtual kimia berbasis inkuiri terbimbing dapat membaantu peserta didik lebih mandiri dalam  belajar. Hal ini dikarenakan model inkuiri terbimbing dapat mengarahkan  peserta didik dalam menemukan konsep mereka sendiri dengan melakukkan perumusan masalah, melakukan   percobaan hingga membuat kesimpulan.

Full Text:

PDF

References


Bailenson, J. N., Yee, N., & Blascovich, J. (2008). Journal of the Learning The Use of Immersive Virtual Reality in the Learning Sciences : Digital Transformations of Teachers , Students , and Social Context. https://doi.org/10.1080/10508400701793141

Dewi, I. S., Sunarno, W., & Dwiastuti, S. (2016). PROFIL PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMPN1 WERU MELALUI IMPLEMENTASI MODUL IPA MENGGUNAKAN, 185–190.

Endah Dwi Yuniyanti, Widha Sunarno, H. (2012). Pembelajaran Kimia Menggunakan Inkuiri Terbimbing dengan Media Modul dan e–Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Membaca dan Kemampuan Berpikir Abstrak. Jurnal Inkuiri, 1(2), 112–120.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Pratama, R., & Masykuri, M. (2018). The Effectiveness of Implementation of Virtual Based Guided-Inquiry Module on Thermochemistry Concept at One of State Senior High School in Selong. 5th ICRIEMS Proceedings Published by Faculty Of Mathematics And Natural Sciences, VII(Education), 71–76.

S. Amri. (2012). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Wahyudin, & Sutikno, Isa, A. (2010). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 6(1), 58–62. https://doi.org/10.15294/JPFI.V6I1.1105

Zahra Haseli. (2013). The Effect of Teaching Critical Thinking on Educational Achievement and Test Anxiety among Junior High School Student in Saveh. Europen Online Journal of Natural and Social Science, 2(Teaching and Learning), No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License